Tulesan Biasa

Kesuksesan adalah kemampuan anda mengatasi kegagalan tanpa kehilangan semangat untuk mencapai kesuksesan

Kamis, 07 Oktober 2010

Ubuntu Maverick Meerkat

Baru saja Ubuntu sukses dengan Lucid Lynx 10.04, sekarang mencoba untuk membuat terobosan terbaru dengan mencoba untuk merilis Ubuntu 10.10 Maverick Meerkat, yang direncanakan akan diterbitkan pada bulan Oktober 2010. Versi 10.10 yang diberi nama Maverick Meerkat dikeluarkan untuk membuat sistem Operasi yang serba ringan.

Versi Sepuluh-Sepuluh (10.10) menunjukkan angka bulat dan seyogyanya merupakan versi yang sempurna sebagaimana diharapkan oleh Mark Shuttleworth yang menulis dalam blognya: "It’s time to put our heads together to envision "the perfect 10". "We want to put Ubuntu and Free Software on every single consumer PC that ships from a major manufacturer, the ultimate maverick move. We will deliver on time, but we have huge scope for innovation in what we deliver this cycle."

Mark memilih nama Maverick Meerkat menjadi julukan untuk versi Ubuntu 10.10 dengan alasan bahwa ibaratnya seekor Meerkat yang berbadan ringan, bergerak cepat dan mudah bersosialisasi, maka distro "Perfect 10.10" ini juga mestinya demikan. Seperti Meerkats yang berorientasi kekeluargaan, kamipun ingin menjadikan Ubuntu sebuah sistem operasi yang aman, dan memberikan solusi efisien untuk keluarga netbooks. Meerkat juga dikenal sebagai binatang yang cerdik dan suka berbagi ilmu ketrampilan dilingkungan komunitasnya.

Kian hari komputer (hardware) bertambah ringan, tambah mobile dan setiap saat bisa tersambung ke Internet. Ubuntu 10.10 dirancang untuk memenuhi kebutuhan itu dan lebih berorientasi mendukung Web dengan menyediakan browser yang lebih ringan dan lebih cepat. Ia harus mampu bangkit (booting) dengan cepat dan langsung tersambung dengan jaringan lokal atau Internet. Sebuah tool kompiler versi baru akan digunakan untuk meningkatkan akselerasi aplikasi-aplikasi dan diharapkan mampu membuat semua "lebih cepat, lebih baik".

Lebih lanjut ditekankan, terutama untuk penerapan Ubuntu di lingkungan perusahan dan pusat data akan lebih dipermudah dengan strategi Hybride Cloud computing yang menyambungkan Ubuntu, baik dengan penyedia Cloud pihak ketiga seperti Amazone EC2 dan Rackspace, maupun dengan Private Cloud di pusat data yang ada di perusahan pengguna.

Ubuntu nantinya lebih serius mendukung jejaring sosial sehingga setiap individu dapat lebih banyak menyimpan datanya di Web dan lebih mudah di sinkronisasikan dengan data yang tersimpan di komputer lokal, sebuah Ubuntu dengan "Social from the Start".

Jadwal pengembangan Ubuntu 10.10 (Maverick Meerkat) ditetapkan sebagai berikut:

* 3 Juni 2010 -> Rilis Alpha 1;
* 1 Juli 2010 -> Rilis Alpha 2;
* 5 Agustus 2010 -> Rilis Alpha 3;
* 2 September 2010 -> Rilis Alpha 4;
* 23 September 2010 -> Rilis Beta;
* 21 Oktober 2010 -> Release Candidate;
* 28 Oktober 2010 -> Rilis Final Ubuntu 10.10.

Sumber :http://www.gudanglinux.info/info/software-news/distro-news/589-maverick-meerkat-ubuntu-1010-serba-ringan.html

Label:

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda