Tulesan Biasa

Kesuksesan adalah kemampuan anda mengatasi kegagalan tanpa kehilangan semangat untuk mencapai kesuksesan

Rabu, 27 Oktober 2010

Sejarah Imam Syafe"i

Imam Syafi'i salah seorang Ulama Fiqih (hukum Islam) yang terkenal dan mempunyai pengikut yang ramai di Negara-Negara yang ramai penduduk Islamnya terutama di Indonesia dan Malaysia. Beliau di lahirkan pada tahun 150 H di Gaza. Imam Syafi'i menghabiskan seluruh hidupnya untuk mengkaji hal-hal yang berkenaan Hukum Islam.

Disamping itu beliau juga salah seorang ahli sya'ir yang terkenal dengan sya'irnya yang indah dan berisi. Syairnya-syairnya ibarat untaian mutiara yang gemerlapan, penuh dengan ungkapan-ungkapan balaghah, hikmah, dan nasihat yang bernilai tinggi. Imam Syafi'i pencinta Ilmu Pengetahuan semenjak kecil lagi. Beliau biasa mengkhatamkan al-Quran sebanyak enam puluh kali, terutama dalam bulan Ramadhan, terutama dibacanya ketika sholat. Imam Syafi'i seorang yang suka berderma dari apapun harta yang dimilikinya.

Hidupnya sangat sederhana terutama dalam makan dan minum. Beliau tidak pernah makan kenyang semenjak usia enam belas tahun. Karena kekenyangan akan menambah berat badan, mengeraskan hati, menumpulkan otak, membawa mengantuk dan malas beribadah, demikian kata Imam Syafi'i.

Imam Syafi'i wafat selepas magrib malam Juma'at, akhir bulan Rajab, dan jenazah beliau dikebumikan pada hari Jum'at, tahun 204 Hijriyah di Mesir. Ramai Ulama yang mengakui kejujuran, keadilan, kezuhudan, kewara'an, dan akhlak yang mulia yang dimiliki oleh Imam Syafi'i. Selama hidupnya penuh dengan petunjuk dengan sifat taqwanya yang tinggi dan hidupnya jauh dari kesesatan dan kejahatan.

Beliau jujur dalam Hukum-Hukumnya, berlandaskan Kebenaran dan Keadilan Allah s.w.t. yang disanjung tinggi. Hukum-Hukumnya ibarat bintang-gemintang yang menjadi perhiasan angkasa raya. Beliau suka merantau untuk menambah Ilmu Pengetahuan dan mengamalkannya untuk kepentingan Ummat. Untaian mutiara pesanan yang ditinggalnya sangatlah banyak antara lain beliau berpesan:

* Pergilah (merantaulah) dengan penuh keyakinan, niscaya akan engkau temui lima kegunaan, yaitu
Ilmu Pengetahuan, Adab, pendapatan, menghilangkan kesedihan, mengagungkan jiwa, dan
persahabatan.

* Sungguh aku melihat air yang tergenang membawa bau yang tidak sedap. Jika ia terus mengalir
maka air itu akan kelihatan bening dan sehat untuk diminum. Jika engkau biarkan air itu
tergenang maka ia akan membusuk.

* Singa hutan dapat menerkam mangsanya, setelah ia meninggalkan sarangnya. Anak panah yang tajam
tak akan mengenai sasarannya, jika tidak meninggalkan busurnya.

* Emas bagaikan debu, sebelum ditambang. Pohon cendana yang tetancap ditempatnya, tak ubah
seumpama kayu bakar (kayu api).

* Jika engkau tinggalkan tempat kelahirnmu, engkau akan menemui derajat yang mulia ditempat yang
baru, dan engkau bagaikan emas sudah terangkat dari tempatnya.

Imam Syafi'i Sewaktu Kecil

Semenjak kecil Syafi'i telah hafal al-Quran dan banyak dari Hadis Nabi s.a.w. Dimana beliau mendengar ada orang Alim, maka beliau segera menemuinya untuk menimba Ilmu Pengetahuan. Ketika berusia masih kecil yaitu 14 tahun, beliau menceritakan hasratnya kepada ibundanya yang sangat dikasihinya tentang keinginannya untuk menambahkan Ilmu Pengetahuan dengan cara merantau.

Mulanya Ibundanya berat untuk melepaskan Syafi'i, karena beliaulah seorang yang menjadi harapan ibunya untuk menjaganya di hari tuanya. Demi ketaatan dan kecintaan Syafi'i kepada Ibundanya, maka mulanya beliau terpaksa membatalkan keinginannya itu, demi kasih sayangnya kepada ibunya itu. Meskipun demikian akhirnya ibundanya mengizinkan Syafi'i untuk memenuhi hajatnya untuk menambah Ilmu Pengetahuan.

Sebelumnya melepaskan Syafi'i berangkat, maka ibundanya mendo'akannya
:"Ya Allah Tuhan yang menguasai seluruh Alam ! Anakku ini akan meninggalkan aku untuk berjalan jauh, menuju keredhaanMu. Aku rela melepaskannya untuk menuntut Ilmu Pengetahuan peninggalan Pesuruhmu. Oleh karena itu aku bermohon kepadaMu ya Allah permudahkanlah urusannya. Peliharakanlah keselamatanNya, panjangkanlah umurnya agar aku dapat melihat sepulangnya nanti dengan dada yang penuh dengan Ilmu Pengetahuan yang berguna, amin!"

Selesainya berdo'a ibundanya memeluk Syafi'i kecil dengan penuh kasih sayang dan dengan linangan air mata karena sedih untuk berpisah. Sambil berkata: "Pergilah anakku Allah bersamamu !Insya-Allah engkau akan menjadi bintang Ilmu yang paling gemerlapan dikemudian hari. Pergilah sekarang karena ibu telah redha melepaskanmu. Ingatlah bahwa Allah itulah sebaik-baik tempat untuk memohon perlindungan ! Selepas ibunya mendo'akan Syafi'i, maka Syafi'i mencium tangan ibunya dan mengucapkan selamat tinggal kepada ibunya.

Sambil meninggalkan ibunda yang sangat dikasihinya dengan hati yang pilu Syafi'i melambaikan tangan mengucapkan salam selamat tinggal, dan mengharapkan ibundanya senantiasa mendo'akannya untuk kesejahteraan dan keberhasilannya dalam menuntut Ilmu Pengetahuan yang berguna.

Oleh karena kehidupannya yang sangat miskin, maka Syafi'i berangkat dengan tidak membawa perbekalan uang, kecuali dengan berbekalkan do'a ibunya dan cita-cita yang teguh untuk menambah Ilmu Pengetahuan sambil bertawakkal kepada Allah s.w.t.

Imam Syafi'i mengisahkan perpisahan dengan ibunya dengan mengatakan: "Sesekali aku menoleh kebelakang untuk melambaikan tangan kepada ibuku. Dia masih terjegat diluar pekarangan rumah sambil memperhatikan aku. Lama-kelamaan wajah ibu menjadi samar ditelan kabus pagi. Aku meninggalkan kota Makkah yang penuh barkah, tanpa membawa sedikitpun bekalan uang, apa yang menjadi bekalan bagi diriku hanyalah Iman yang teguh dan hati yang penuh tawakkal kepada Allah s.w.t.serta do'a restu ibuku sahaja. Aku serahkan diriku kepada Allah seru sekalian
Alam."

Imam Syafi'i ke kota Madinah

Dalam perjalan tersebut haripun mulai senja Syafi'i singgah di Zi Tua untuk bermalam, keadaan sekelilingnya kering dan panas dan tidak ada tumbuh-tumbuhan. Ditempat itu ramai didapati orang yang sedang berkhemah. Syafi'i mulai merasa lapar, sedangkan uang tak ada. Meskipun demikian ia yakin Allah s.w.t. akan memberikan pertolongannya kepada orang yang ingin menambah Ilmu Pengetahuannya. Ditempat itu Syafi'i berkenalan seorang yang separuh baya yang baik dan ramah. Syafi'i diajak makan malam bersamanya. Syafi'i memanggil orang itu dengan "paman".

Syafi'i mengucapkan syukur kepada Allah s.w.t.atas anugerahnya, sehingga ia tidak sampai kelaparan. Ketika itu Syafi'i bertanya kepada orang itu: "Siapakah orang yang paling alim di Madinah, ketika itu. Lalu orang itu menceritakan kepada Syafi'i, bahwa orang yang paling Alim di kota Madinah ketika itu ialah Imam Malik bin
Anas. Syafi'i bermohon kepada sahabat barunya itu, semoga ia sudi membawanya bertemu dengan Imam Malik bin Anas.

Memasuki hari kedelapan kami telah tiba di pinggir kota Madinah, dari jauh kelihatan sayup Masjid Nabi, dimana Rasulallah s.a.w.dimakamkan didekatnya. Alangkah gembiranya hati Syafi'i setibanya di masjid Nabi, dan beliau menunaikan solat sepuasnya dengan khusyuk dan perasaan terharu dengan tidak disadarinya air mata syafi'i membasahi pipinya, karena betapa mengagumi kebesaran dan keagungan Nabi s.a.w. yang telah berjuang menegakkan Islam dan ummatnya. Rasulallah s.a.w. telah berjaya merobah suatu masyarakat yang berpecah belah menjadi satu masyarakat yang bersatu padu,yang terdiri dari berbilang kaum dan agama, dengan terpatrinya piagam Madinah yang terkenal hingga bila-bila masa. Syafi'i setelah menunaikan solat, beliau pergi menziarahi makam Rasulallah s.a.w. Setelah itu, beliau melihat ramai orang sedang menghadiri majlis Ilmu mengelilingi Ulama Agung Imam Malik bin Anas. Syafi'i turut hadir untuk ikut sama mendengar dengan tekun segala mutiara Hadish Nabi s.a.w., yang disampaikan oleh Imam Malik.

Kelebihan Imam Syafi'i ialah daya hapalan yang dianugerahkan Allah kepadanya, sehingga semua pelajaran yang disampaikan oleh Imam Malik telah dapat dihapalnya. Selesainya pengajian murid-murid Imam Malik menyalami Tok Guru mereka sambil beredar dan pulang kerumah masing-masing.Syafi'i masih berada
ditempatnya. Imam Malik merasa heran, karena dilihatnya anak muda itu tidak meninggalkan tempat pengajian. Lalu beliau memanggil syafi'i dan bertanyakan segala sesuatu berkenaan dirinya, dan apa yang telah didengarnya. Imam Malik meminta supaya Syafi'i mengatakan kembali sebuah hadis yang telah dipelajarinya.

Syafi'i dengan lancarnya bukan saja mendengarkan satu hadis tetapi semua hadis yang didengarnya ketika Imam Malik menyampaikan pelajarannya. Sungguh mengagumkan daya ingatan pemuda Syafii, sehingga Imam Malik tertarik kepadanya.

Imam Syafi'i dan Gurunya, Imam Malik bin Anas


Betapa gembiranya Imam Malik karena mendapat seorang murid yang cerdas dan bijak seperti Syaf'i. Syaf'i semenjak kecil bukan saja telah hapal
seluruh isi al-Quran dan ribuan hadis Nabi s.a.w. malah beliau juga telah
hapal seluruh isi kitab Hadis Muwatta' karangan Imam Malik bin
Anas, sebelumnya Syaafi'i bertemu dengan Imam Malik. Imam Syafi'i membagi malam kepada tiga bahagian yaitu:

* Sepertiga untuk Ilmu Pengetahuan
* Sepertiga untuk sholat
* Sepertiga untuk tidur

Rabi' menerangkan bahwa Imam Syafi'i setiap hari menamatkan al-Quran
sekali, tetapi dalam bulan Ramadhan seluruhnya enam puluh kali, dan
semuanya dibaca ketika menunaikan ibadah Sholat. Imam Syafi'i sendiri
menerangkan bahwa beliau belum pernah bersumpah seumur hidupnya, baik ketika membenarkan sesuatu ataupun mendustakan sesuatu. Pernah disatu ketika ada orang bertanyakan sesuatu masaalah kepada beliau. Ketika itu Imam Syafi'i mendiamkan diri sejenak tidak langsung menjawabnya. Ketika beliau disoal mengapa berbuat demikian, maka Imam Syafi'i menjelaskan:

"Aku menunggu terlebih dahulu, sehingga aku mengetahui, mana yang lebih
baik aku diam ataupun menjawab pertanyaanmu."

Ini menunjukkan bahwa Imam Syafi'i adalah orang yang sangat teliti dalam memberikan sesuatu fatwa, kepada seseorang yang bertanyakan sesuatu masaalah semasa.

Imam Syafi'i pernah mengatakan: "Pada suatu hari aku tidak punya uang sesenpun, sedangkan aku ingin benar menuntut Ilmu. Lalu aku pergi bekerja disebuah Dewan untuk mendapat sedikit belanja". Ini menunjukkan bahwa Imam Syafi'i tidak berdiam diri ketika menemui kesulitan dalam
keuangan, terutama ketika menuntut Ilmu, beliau bersedia bekerja apa saja
yang halal, asalkan saja cita-citanya tercapai.

Imam Ghazali pernah menceritakan bahwa Imam Syafi'i juga adalah seorang Tokoh penting dalam kehidupan Sufi. Ia seorang yang sangat Taqwa tidak ingin bermegah-megahan dalam hal apapun juga. Berkenaan Ilmu Sufi, Imam Syafi'i berkata: "Saya ingin manusia itu mempelajari Ilmu ini, tetapi janganlah menyebut-nyebut namaku, dengan sepatah kata juapun".

Diantara kata-kata yang bernilai sufi daripada Imam Syafi'i ialah:

* Orang yang zalim kepada dirinya, ialah orang yang merendahkan dirinya kepada orang yang tidak
memuliakannya dan orang yang menyukai sesuatu benda yang tidak memberi manfaat kepadanya,
begitu juga orang yang menerima sesuatu pujian dari seseorang yang lain yang tidak
mengenalnya, dengan sesungguh-sungguhnya.

* Orang yang tidak diutamakan karena Taqwanya, tidaklah termasuk Orang Yang Utama.

* Siasat manusia lebih kejam daripada siasat binatang.

* Jikalau kuketahui bahwa ia dengan itu dapat mengurangi kehormatanku, meskipun aku haus, aku
tidak akan meminumnya.

* Diantara tanda-tanda benar dalam Ukhuwah ialah menerima keritikan teman, menutupi aib teman,
dan mengampuni kesalahannya." Demikianlah kata-kata Hikmah dari Imam Syafi'i r.a.

Kecintaan Imam Syafi'i kepada Allah SWT

Imam Syaf'i menyintai Allah s.w.t. dengan sepenuh hatinya. Beliau pernah
mengingatkan: "Bahwa orang yang mengaku sanggup mengumpulkan antara cinta dunia dengan cinta kepada Allah s.w.t. dalam hatinya adalah dusta belaka". Imam Syafi'i adalah seorang yang sangat zuhud (cara hidup yang tidak tamak kepada keduniaan, seperti kemegahan, kekayaan, harta, dan sebagainya). Pernah sekembalinya beliau dari Yaman dan membawa uang sebanyak sepuluh ribu dirham, sebelumnya memasuki kota Makkah uang tersebut telah dibagi-bagikan beliau kepada orang yang memerlukannya.

Pernah terjadi ketika beliau duduk diatas seekor keledai lalu cambuknya terjatuh ketanah. Ada orang memungutnya dan menyerahkan kembali kepada Imam Syafi'i, kepada orang itu telah dihadiahkan uang
sebanyak lima puluh dinar, sebagai tebusan, bahwa beliau duduk diatas
keledai sedangkan orang lain berjalan dibawah, beliau menganggap takabbur duduk diatas keledai sedangkan orang lain berada di bawah.

Pernah juga terjadi, Imam Syafi'i melihat seorang pemuda mengambil udhu kurang sempurna. Anak muda itu ditegur oleh Imam Syafi'i dengan kata-kata:

"Wahai anak! Jika engkau mengambil udhu', lakukanlah dengan baik supaya Allah mengurniakan kepadamu dunia dan akhirat!"

Anak muda itu mengikuti nasihat Imam Syafi'i, setelah itu ia mengejar Imam Syafi dari belakang dan ingin mengetahui siapakah orang yang menasihatinya itu. Imam menoleh kepadanya sambil bertanya, "apa hal"? Anak itu menyatakan kepada Imam Syafi'i keinginannya untuk belajar lebih lanjut dan memberikan apa-apa nasihat kepadanya. Imam Syafi'i mengingatkan sang pemuda dengan kata-kata nasihat selanjutnya:

"Barangsiapa mengenal Allah ia akan jaya. Barang siapa memuliakan agamanya ia akan selamat dari kehinaaan dan bahaya, barang siapa zuhud di dunia pasti ia akan melihat balasan Allah yang mulia."

Lalu imam Syafi'i bertanya lagi kepada pemuda itu apakah ia
masih memerlukan tambahan pelajaran, anak muda itu menjawab tolong tambah lagi pengajaran beliau, maka Imam Syafi'i melanjutkan:

"Barangsiapa selalu mengerjakan tiga pekerjaan ini, maka akan sempurna imannya yaitu:"Barangsiapa yang menyuruh orang lain berbuat baik dan dia sendiri juga berbuat baik. Barang siapa mencegah orang berbuat jahat,dan dia sendiri menjauhkan dirinya dari kejahatan dan barangsiapa yang menjaga batas-batas hukum Allah."

Imam Syafi'i bertanya lagi kepada pemuda itu, apa masih perlu ditambah lagi? Anak muda itu menjawab, "ya".

Imam Syafi'i meneruskan:"Hendaklah engkau zuhud didunia, dan hendaklah engkau suka kepada amalan akhirat. Hendaklah engkau berlaku jujur dalam menjalankan segala perintah Allah, niscaya engkau termasuk orang-orang yang berjaya".

Kemudian anak muda itu bertanya, siapakah Tuan Guru yang yang sangat bermurah hati itu yang telah sudi mengajarnya meskipun didalam perjalanan. Lalu orang disekitarnya mengatakan yang dihadapinya itu
adalah Imam Syafi'i. Imam Syafi'i adalah seorang Imam yang bersedia
mencurahkan Ilmunya kepada siapa saja yang memerlukannya dengan tidak suka bermegah-megah. Semua itu dilakukannya karena Allah, semata -mata.

Imam Syafi'i dan Kepentingan Ilmu

Imam Syafi'i nama lengkapnya ialah Muhammad bin Idris Asy-Syafi'i, juga
sangat dihormati oleh para Imam lainnya. Antaranya Imam Ahmad bin
Hambal, berkata:

"Tidak pernah aku mengerjakan sholat selama empat puluh tahun, kecuali aku selalu mengiringkan sholatku itu dengan do'a untuk Syafi'i".

Disatu hari Abdul Malik Almaimuni berbincang dengan Imam Amad bin Hambal, dan pembicaraan itu menyinggung diri Imam Syafi'i. Al-Maimuni mengatakan

"Jelas aku lihat Ahmad memuliakannya dan berkata:"Aku pernah membaca sebuah hadis Nabi s.a.w., bahwa Allah membangkitkan bagi ummat ini setiap seratus tahun, seorang lelaki yang menghidupkan urusan agamanya."

Imam Syafi'i sangat tidak menyukai kata-kata ataupun ucapan yang tidak
baik terhadap sesama manusia. Pernah disatu hari ada seorang mengeluarkan kata-kata kotor terhadap seorang alim, maka imam Syafi'i menegur orang itu:

"Bersihkanlah pendengaranmu dari mendengar perkataan yang keji, sebagaimana engkau membersihkan lidahmu dari mengeluarkan kata-kata yang keji dan kotor. Seseorang yang hodoh dan keji selalu menumpahkan kekejiannya itu untuk mengisi kebersihanmu, jika engkau jawab dengan kekejian pula, engkau akan berbuat keji sebagaimana perbuatan orang yang keji itu".

Imam Syafi'i senang menyelesaikan berbagai masaalah agama yang diajukan orang kepadanya. Sehingga beratus-ratus masaalah agama dapat diselesaikan Imam Syafi'i dalam masa semalaman, untuk maslahat Ummat Islam. Sehingga pernah Imam Ahmad bin Hambal mengatakan kepada anaknya berkenaan Imam Syafi'i.

"Gerak dan diamnya, perkataannya, zikir dan fikirannya, semuanya untuk Allah s.w.t. Qiamnya itu ta'at, tidurnya itu sedekah, zikirnya itu tasbih, diamnya dan ilmunya itu obat bagi ummat manusia".

Mutiara kata dari Imam Syafi'i berkenaan Ilmu, beliau berkata:

"Engkau tidak akan memperoleh Ilmu kecuali dengan enam hal, yaitu dengan kecerdasan, semangat keras, rajin dan tabah, biaya yang cukup, bersahabat dengan guru".

"Tetapi ingatlah!Orang yang diberikan derjat yang mulia karena Ilmunya tak mungkin diberi harta yang melimpah. Karena Ilmu dan Harta tak mungkin berjalan bersama. Sudah ditakdirkan, bahwa orang yang akan dinaikkan darjatnya, pastilah diuji dengan kemelaratan. Buktinya, banyak orang pandai yang hidupnya melarat dan banyak orang bodoh yang hidupnya serba cukup.Orang yang diberi rezeki dengan mudah, pahalanya sedikit, tidak terpuji dan tidak mendapatkan taufiq".

Beliau melanjutkan:

"Berjaga malam untuk menekuni Ilmu, lebih nikmat bagiku daripada lagu merdu dan bau wewangian. Goresan penaku di tengah lembaran kertas, terasa lebih indah daripada khayalan".

Imam Syafi'i Berangkat ke Iraq

Dimusim Haji ramai Muslimin datang ke Madinah untuk menziarahi maqam Rasulallah s.a.w.Demi hormat dan kecintaan mereka kepada Rasulallah s.a.w.Mereka yang datang itu dari banyak tempat,terutama dari Mesir dan Iraq.Selesai menziarahi maqam Nabi s.a.w,mereka juga menziarahi Imam Malik,dan meminta supaya kepada mereka diajarkan Kitab Muattha.Imam Malik menyuruh Imam Syafi'i supaya membacakan kitab tersebut untuk orang ramai yang menghadiri Majlis Ta'lim Imam Malik. Sudah tentu dengan senang hati Imam Syafi'i membacakan kitab tersebut yang telah dihapalnya keseluruhan isi kitab al-Muaatha.Jamaah yang hadir sungguh kagum melihat kelancaran pembacaan kitab Muaatha,yang dibaca oleh Imam Malik.Hal ini dengan mudah dilakukan oleh Imam Syaf'i disebabkan beliau telah menghapal seluruh isi kitab tersebut.

Selesai majlis Ilmu itu,Imam Syafi'i pergi menziarahi rombongan yang datang ketempat itu.Ketika beliau menziarahi rombongan dari Iraq Imam Syafi'i melihat seorang pemuda Iraq sedang menunaikan sholat.Selesai pemuda itu menunaikan sholat,lalu ia didekati oleh Imam Syafi'i,dan beliau ingin berkenalan dengan tamu muda itu.Imam Syafi'i bertanya kepada pemuda itu siapakah Ulama yang paling terkenal dalam hal Ilmu al-Quran dan Sunnah di Iraq.Pemuda itu menjawab,bahwa ketika itu Ulama yang paling terkenal dalam Ilmu al-Quran dan Sunnah ialah Abu Yusuf dan Muhammad bin Hasan.Kedua Ulama yang paling terkenal itu adalah murid dari Imam Abu Hanifah.Imam Syafi'i sangat tertarik dan ingin menambah Ilmu Pengetahuannya kepada kedua-kedua orang Alim itu.Imam Syafi'i bertanya bila pemuda Iraq itu akan berangkat kembali ke Iraq.Pemuda itu menjawab bahwa ia akan berangkat keesokan harinya.Imam Syafi'i bergegas pulang menemui gurunya Imam Malik dan menceritakan keinginannya ingin menambah Ilmu Pengetahuan,terutama berkenaan al-Quran dan Sunnah Nabi s.a.w,yang telah menjadi cita-citanya dari sejak semula.

Mendengar hasrat hati Imam Syafi'i,maka Imam Malik bersetuju dan mendo'akan semoga segala hajat Imam Syafi'i dalam cita-citanya menambah Ilmu Pengetahuan dari kedua Ulama Agung itu semoga dikabulkan oleh Allah s.w.t.Imam Malik sendiri ikut mengantarkan Imam Syafi'i hingga ke Baqi'.Suatu hal yang memeranjatkan Imam Syafi'i,dimana Imam Malik telah menyediakan unta untuk kenderaan dalam perjalanan Imam Syafi'i menuju Kufah Ibu kota Iraq.Disamping itu Imam Malik memberikan kepada Imam Syafi'i uang sebanyak lima puluh Dinar.Imam Syafi'i merasa heran darimana Imam Malik memperoleh uang tersebut.Setahu Imam Syafi'i Imam Malik ketika itu tidak punya uang sebanyak itu.Lalu Imam malik menceritakan kepada Imam Syafi'i bahwa malam itu ada seorang yang bernama Qasim menziarahi Imam Malik dan menghadiahkan kepada beliau uang seratus dinar,dan memohon supaya Imam Malik sudi menerima hadiah tersebut.Oleh Imam Malik uang seratus dinar itu dibagi dua,sebanyak lima puluh dinar diperuntukkan untuk keperluan Imam Syafi'i.Mulanya Imam
Syafi'i menolak hadiah uang itu.Beliau tak sampai hati menerima pemberian dari gurunya,dan meminta supaya Imam Malik menyimpan uang tersebut untuk keperluan Imam Malik.Meskipun demikian Imam malik tetap mendesak supaya uang tersebut supaya diterima oleh Imam Syafi'i.

Imam Syafi'i mengucapkan terimakasih kepada Gurunya,karena pertolongan yang sangat berharga didalam perjalanan. Imam Malik mendo'akan semoga cita-cita Imam Syafi'i untuk menambah Ilmu
Pengetahuan,dikabulkan oleh Allah s.w.t. Imam Malik tidak berganjak dari tempatnya sambil memperhatikan keberangkatan Imam Syafi'i sehingga kafilah Imam Syafi'i hilang dari pandangan matanya.Disini dapatlah kita menarik pelajaran,betapa gigihnya Imam Syafi'i dalam usahanya untuk menambah Ilmu Pengetahuan meskipun terpaksa menempuh perjalanan yang jauh.Juga betapa mesranya hubungan murid dan gurunya,yang saling bantu membantu dalam hal-hal yang menyangkut kepentingan dunia dan kepentingan akhirat.

Imam Syafi'i Berguru di Kufah

Setelah penat dalam perjalanan yang jauh dari Madinah ke Kuffah (Iraq) ketika itu memakan masa dua puluh empat hari,maka tibalah Imam Syafi'i dan rombongannya di sebuah Masjid di Kufah.Ketika itu Imam Syafi'i berusia dua puluh dua tahun.Imam Syafi'i menunaikan sholat berjamaah di Masjid tersebut.Kedua-dua Imam yang dicari-cari oleh Syafi'i,rupanya juga berada di Masjid itu,dan mereka juga menjadi Imam Besar masjid tersebut.Imam Syafi'i dapat berkenalan dengan kedua-dua
tokoh Agama yang paling terkemuka sekali di Iraq ketika itu,yaitu Abu

Yusuf dan Muhammad bin Hasan.Mereka bertanyakan kepada Syafi'i berkenaan
keadaan Imam Malik di Madinah.Pernahkan kamu bertemu Imam Malik di Madinah ?

Syafi'i menjawab semua pertanyaan yang diajukannya dan menjelaskan,bahwa Imam Malik bin Anas juga menjadi Guru beliau,dan pernah tinggal bersama Gurunya itu."Jika demikian tentu kamu telah pernah membaca kitab Muattha yang terkenal hasil karya Imam Malik, kata Imam Muhammad."Benar tuan ! Jawab Imam Syafi'i,Alhamdulillah saya bukan saja telah membaca kitab Muwatha,malah telah menghafalnya dalam hati."

Imam Muhammad mengambil kertas dan menuliskan beberapa soalan dan meminta Syafi'i menjawab soalan-soalan,untuk menguji sampai dimana Ilmu Imam Syafi'i berkenaan kitab Muwatha,karangan Imam Malik.Setelah meneliti semua soalan yang diajukan itu,maka Imam Syafi'i dapat menjawabnya dengan mudah,disebabkan isi kitab Muwatha telah dapat dihafal dan dikuasai oleh Syafi'i.Setelah membacanya semua jawaban tersebut,maka Imam Muhammad tersenyum dan merasa gembira dengan jawaban jawaban yang diberikan oleh Imam Syafi'i.Lalu beliau berkata:"Sudikah kamu menjadi tamuku pada malam ini ?Syafi'i menyambutnya dengan perasaan penuh kegembiraan,dengan menjadi tamu dan bermalam dirumah Imam Muhammad,bearti beliau telah mendapat peluang yang baik sekali untuk berguru kepada Imam Muhammad.

Syafi'i menjadi tamu dirumah Imam Muhammad,dan diberikan penghormatan yang istimewa,oleh Imam Besar itu.Beliau menghadiahkan pakaian yang cantik dan mahal,sambil menyuruh Syafi'i mandi,maklum beliau baru tiba dari perjalanan yang jauh.Imam Syfi'i menyambut hadiah yang istimewa itu dengan perasaan syukur dan berterimakasih kepada Imam Muhamad. Selesai mandi,Syafi'i memakai pakaian (jubah) hadiah dari Imam Muhammad.Betapa gembiranya Imam Muhamad,melihat pakaian pemberiannya itu telah dipakai oleh Syafi'i.Imam Muhammad mengambil sebuah kitab karangan Imam Abu Hanifah,yang berjudul "Al-Aushat" dan menyerahkannya kepada Syafi'i untuk bacaan Syafi'i dimalam itu.Dengan perasaan gembira,Syafi'i menyambut kitab Al Ausath,dan membacanya dengan khusyu'.

Salah satu keistimewaan yang dianugerahkan Allah S.W.T kepada Syafi'i ialah dari segi hafalan.Setelah membaca kitab tersebut,dengan penuh perhatian,dan seronok membacanya, Syafi'i telah dapat menghafal keseluruhan kitab Al-Ausath,karangan Imam Abu Hanifah. Hal ini tidak diceritakan oleh Imam Syafi'i kepada Imam Muhammad.

Imam Syafi'i dan Gurunya, Imam Muhammad

Imam Muhammad tempat rujukan orang ramai meminta fatwa, dan fatwa Imam Muhammad diterima tanpa apa-apa soal. Pada suatu hari datang seorang lelaki meminta fatwa dari Imam Muhammad. Ketika itu aku berada disampingnya, demikian kata Imam Syafi'i. Setelah lelaki itu menceritakan masaalah yang dihadapinya dan meminta fatwa dari Imam Muhammad. Setelah mendengar masaalah lelaki itu, lalu Imam Muhammad memberikan fatwanya, dan meyakini fatwanya itu bersandarkan pendapat Imam Abu Hanifah.

Imam Syafi'i bercerita:

"Setelah mendengar fatwa beliau, aku merasa yakin fatwa itu tidak seberapa tepat berdasarkan pendapat Imam Abu Hanifah yang bukunya telah dapat kuhapal. Lalu aku mohon izin kepada Imam Muhamad, untuk memberikan pandangan Imam Abu Hanifah yang telah kuketahui. Imam Muhammad merasa terkejut mendengar pandangan yang kuberikan itu, lalu beliau merujuk kembali kepada kitab "al-Ausat" kepunyaan Imam Abu Hanifah. Ternyata apa yang kukatakan itu memang benar, seperti pandangan Imam Abu Hanifah,lalu Imam Muhammad membetulkan kembali fatwa beliau. Imam Muhammad sangat kagum atas hapalanku".

Setelah sekian lama Imam Syafi'i tinggal dan menuntut Ilmu kepada Imam Muhammad, maka Syafi'i merasa ingin melanjutkan perjalanan untuk menuntut Ilmu Pengetahuan. Hal ini diceritakan Imam Syafi'i kepada Imam Muhammad, dan Imam Muhammad terharu mendengarnya. Imam Muhammad berkata kepada Imam Syafi'i: "Saya bersetuju atas hasratmu tetapi dengan satu syarat. Syaratnya tidak berat iaitu engkau bersetuju menerima separuh dari harta bendaku. Imam Syafi'i tidak menyangka begitu bermurah hati Imam Muhammad kepada beliau. Meskipun demikian Imam Syafi'i menjawab:"Paman ! Sebenarnya kedatangan saya kemari adalah untuk menimba Ilmu Pengetahuan bukannya mengumpulkan harta kekayaan. Oleh itu izinkanlah saya kembali menemui ibu saya dan lupakanlah berkenaan pembahagian harta". Imam Syafi'i menolak tawaran harta dari Imam Muhammad dengan ucapan terimakasih yang tak terhingga.

Imam Muhammad kecewa mendengar penolakanku. Lalu beliau berkata baiklah anakku, jika kiranya engkau menolak separuh harta paman, paman harapkan engkau tidak menolak sedikit hadiah paman sebagai bekal dalam perjalanan. Lalu Imam Muhammad menyuruh pembantu beliau mengambil beberapa pundi wang, seraya berkata: "Ini sajalah yang dapat kuberikan kepadamu Syafi'i,sebagai hadiah, untuk bekal dalam perjalanan. "Kali ini saya tak dapat menolak hadiah itu, dikuatirkan beliau akan berkecil hati. Inilah hadiah yang terbesar pernah kuterima selama hayatku, wang sejumlah tiga ribu dinar. Setelah itu akupun bersalaman dengan Imam Muhammad dan mohon do'a restu beliau. Akupun melanjutkan perjalanku menuju Iran.Aku berjalan dari satu kota kesatu kota. Setiap bertemu dengan Ulama yang terkenal Alim aku tidak melepaskan kesempatan untuk menambah Ilmu Pengetahuan dari mereka. Aku mengembara keseluruh pelosok Negeri Iran, beberapa tahun lamanya, dan kemudian kembali semula ke Iraq semasa pemerintahan Harun al-Rasyid yang masyhur itu.

Kembali ke Madinah

Dalam lawatan Imam Syafi'i ke Iraq beliau menjelajah banyak tempat. Dari Bagdad,beliau menuju Iraq Selatan,Anatolia (Asia Kecil) dan Haran.Dari situ Imam Syafi'i pergi ke beberapa negara Syam dan kemudian kembali ke Makkah menziarahi ibundanya.Dua tahun kemudian Imam Syafi'i berangkat ke Madinah dengan memiliki Ilmu pengetahuan yang luas.Sesampainya beliau di
Madinah Imam Syafi'i menuju masjid al-Haram Annabawi (masjid Nabi s.a.w.)beliau menziarahi kuburan suci Nabi s.a.w.dan turut hadir dalam majlis ta'lim Imam Malik (guru Imam Syafi'i).Ketika itu Imam Malik sedang memberi pelajaran kepada murid-murid beliau yang memenuhi majlis Ilmu.Setelah itu Imam Malik mengajukan pertanyaan-pertanyaan untuk menguji sampai dimana Ilmu yang telah mereka kuasai.Pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh Imam Malik agak susah mereka menjawabnya.Tetapi Imam Syafi'i membisikkan jawabannya kepada orang yang duduk disebelah beliau.

Begitulah setelah diajukan pertanyaan-pertanyaan hanya lelaki yang dibisiki Imam Syafi'i itu
sahaja yang dapat menjawabnya.Lalu Imam Malik memanggil lelaki itu,dan bertanyakan kepadanya dari mana dia memeroleh jawaban yang tepat itu.Orang itu menjawab,bahwa jawaban itu diperolehnya dari seorang anak muda yang duduk disebelahnya.Imam Malik memanggil anak muda itu,ternyata anak muda itu adalah Asy-Syafi'i.Alangkah gembiranya Imam Malik melihat Imam Syafi'i,lalu Imam Malik turun dari korsinya dan memeluk Syafi'i dan berkata kepada Syafi'i:"Sempurnakanlah olehmu bab ini." Imam Malik merasa puas hati mendengar uraian yang disampaikan oleh Imam Syafi'i.

Setelah usai pelajaran,maka Imam Malik mengajak Imam Syafi'i kerumahnya.Imam Syafi'i mengabarkan segala pengalamannya dalam menuntut Ilmu Pengetahuan,selama masa perpisahan dengan Imam Malik.Syaf'i juga bercerita kepada gurunya Imam Malik betapa beliau sangat mengagumi Imam Abu Hanifah Annu'man,dan beliau telah membaca fiqh Abu Hanifah melalui dua orang murid Abu Hanifah yaitu Abu Yusuf dan Muhammad Al-Hasan.Pernah Imam Abu Hanifah diserang dengan tuduhan bahwa beliau kurang menguasai Ilmu Hadis.Imam Syafi'i membela Imam Abu Hanifah dan menempatkan Imam
Abu Hanifah ditempat yang mulia,dan berkata:"Peranan Abu Hanifah dalam bidang figh amat luas dan semua orang tidak dapat melepaskan diri dari peranan Abu Hanifah."

Imam Syaafi'i menetap di Madinah sebagai murid Imam Malik sejak pertemuan itu (thn 170 H.sehingga Imam Malik wafat pada tahun 179 H.) Ketika itu Imam Syafi'i telah mencapai usia dua puluh sembilan tahun.Ketika gurunya meninggal dunia Imam Syafi'i amat bersedih hati,dan beliau sering mencucurkan air mata kesedihan mengenang jasa gurunya kepadanya.Tidak lama kemudian setelah itu Imam Syafi'i kembali ke Makkah dan meninggalkan Madinah dengan kenangan manis bersama gurunya Imam Malik bin Anas r.a.

Imam Al-Syafi’i Difitnah

Setelah Imam Malik meninggal dunia pada tahun 179 H, maka Imam al-Syafi’i pulang ke Makkah . Nama Imam al-Syafi’i demikian harumnya sehingga menarik perhatian seorang penguasa Yaman yang bersetuju melantik Imam al-Syafi’i sebagai wali ataupun pegawai yang bertanggung jawab di daerah Najran. Disitu Imam al-Syafi’i telah menjalankan tugasnya dengan penuh keadilan sehingga menjadi tumpuan orang ramai mengharapkan keadilan.

Sudah tentu sikap benar dan adil itu bukan semua manusia menyukainya, terutama sekali manusia yang suka menindas dan zalim. Maka mereka mecari jalan untuk menyinkirkan Imam al-Syafi’i dari daerah tersebut dengan demikian, segala rencana jahat mereka tidak ada yang menghalanginya.

Oleh itu mereka mencari-cari jalan untuk menjatuhkan Imam al-Syafi’i, lalu Imam al-Syafi’I difitnah dengan aduan palsu kepada khalifah al-Rasyid, dengan menuduh Imam al-Syafi menjadi ketua kepada sembilan Alawi yang hendak menggulingkan kerajaan Abbasiyah.

Imam al-Syafi’i adalah diantara para Imam yang sangat mencintai Ahlul Bait (keluarga terdekat Rasulallah s.a.w.). Banyak sya’ir beliau yang menunjukkkan kecintaan beliau kepada Ahlul Bait, antaranya Imam al-Syafi’i bersyair.

"Wahai Ahlul-Bait Rasulallah, mencintai kalian
adalah Kewajiban dari Allah diturunkan dalam al-Quran
cukuplah bukti betapa tinggi martabat kalian
tiada sholat tanpa shalawat bagi kalian."

Dalam sya’ir lainnya al-Imam Syafi’i menyampaikan kandungan isi hatinya, antara lain al-imam mengatakan:

"Jika sekiranya disebabkan kecintaan kepada keluarga Rasulallah s.a.w. maka aku dituduh Rafidhi (Syi’ah). Maka saksikanlah jin dan manusia, bahwa sesungguhnya aku adalah Rafidhi."

Kecintaaan Imam al-Syafi’i kepada Ahlul Bait menjadi bahan fitnah bagi manusia dengki, kaki ampu, untuk menjatuhkan imam al-Syafi’i dari kedudukannya. Lalu surat fitnah dikirmkan kepada Harun al-Rasyid yang bunyinya demikian :

" ………Diantara mereka terdapat seorang lelaki bernama Muhammad bin Idris, ia bekerja dengan lidahnya ………Jika tuanku ingin Hijaz kekal di bawah takluk pemerintahan tuanku, mereka itu hendaklah dibawa kepada tuanku." (Usul al-Fiqh,h.65)

Al-Rayid merasa ketakutan Kerajaannya tumbang, sebab kerajaannya dibina dengan banyak mengorbankan jiwa mereka yang tak bersalah, lalu dia memerintahkan kumpulan sembilan dan al-Syafi’i supaya dibawa menghadapnya di Iraq. Kesemua mereka digari dibawa dengan baghal. Di Iraq, semuanya dibunuh kecuali al-Syafi’i yang mendapat pembelaaan dari Imam Muhammad Syaibani (murid imam Abu Hanifah) pada tahun 184 Hijrah.

Sekian dulu, semoga bermanfaat...

Label:

Selasa, 26 Oktober 2010

Pemahaman Tentang Load Balancing

Pada artikel ini saya mencoba untuk menguraikan sedikit pengalaman tentang Sistem Load Balancing pada router MikroTik. Sebetulnya ini adalah pengalaman saya sendiri yang kebetulan sedang mempelajari tentang Load Balancing pada Mikrotik.

Load Balancing pada mikrotik adalah teknik untuk mendistribusikan beban trafik pada dua atau lebih jalur koneksi secara seimbang, agar trafik dapat berjalan optimal, memaksimalkan throughput, memperkecil waktu tanggap dan menghindari overload pada salah satu jalur koneksi.

Selama ini pemahaman orang tentang Load Balancing sering salah, kebanyakan yang saya dengar Load Balancing adalah bagaimana menggabungkan dua atau lebih koneksi jaringan Internet sehingga seseorang dapat memperoleh koneksi (bandwith) yang lebih besar.

Pada artikel ini kami menggunakan RB433UAH dengan kondisi sebagai berikut :

1.Ether1 dan Ether2 terhubung pada ISP yang berbeda dengan besar bandwdith yang
berbeda. ISP1 sebesar 512kbps dan ISP2 sebesar 256kbps.
2.Kita akan menggunakan web-proxy internal dan menggunakan openDNS.
3.Mikrotik RouterOS anda menggunakan versi 4.5 karena fitur PCC mulai dikenal pada
versi 3.24.

Jika pada kondisi diatas berbeda dengan kondisi jaringan ditempat anda, maka konfigurasi yang akan kita jabarkan disini harus anda sesuaikan dengan konfigurasi untuk jaringan ditempat anda.

Konfigurasi Dasar

Berikut ini adalah Topologi Jaringan dan IP address yang akan kita gunakan



/ip address
add address=192.168.101.2/30 interface=ether1
add address=192.168.102.2/30 interface=ether2
add address=10.10.10.1/24 interface=wlan2
/ip dns
set allow-remote-requests=yes primary-dns=208.67.222.222 secondary-dns=208.67.220.220

Untuk koneksi client, kita menggunakan koneksi wireless pada wlan2 dengan range IP client 10.10.10.2 s/d 10.10.10.254 netmask 255.255.255.0, dimana IP 10.10.10.1 yang dipasangkan pada wlan2 berfungsi sebagai gateway dan dns server dari client. Jika anda menggunakan DNS dari salah satu isp anda, maka akan ada tambahan mangle yang akan kami berikan tanda tebal

Setelah pengkonfigurasian IP dan DNS sudah benar, kita harus memasangkan default route ke masing-masing IP gateway ISP kita agar router meneruskan semua trafik yang tidak terhubung padanya ke gateway tersebut. Disini kita menggunakan fitur check-gateway berguna jika salah satu gateway kita putus, maka koneksi akan dibelokkan ke gateway lainnya.

/ip route
add dst-address=0.0.0.0/0 gateway=192.168.101.1 distance=1 check-gateway=ping
add dst-address=0.0.0.0/0 gateway=192.168.102.1 distance=2 check-gateway=ping

Untuk pengaturan Access Point sehingga PC client dapat terhubung dengan wireless kita, kita menggunakan perintah

/interface wireless
set wlan2 mode=ap-bridge band=2.4ghz-b/g ssid=Mikrotik disabled=no

Agar pc client dapat melakukan koneksi ke internet, kita juga harus merubah IP privat client ke IP publik yang ada di interface publik kita yaitu ether1 dan ether2.

/ip firewall nat
add action=masquerade chain=srcnat out-interface=ether1
add action=masquerade chain=srcnat out-interface=ether2

Sampai langkah ini, router dan pc client sudah dapat melakukan koneksi internet. Lakukan ping baik dari router ataupun pc client ke internet. Jika belum berhasil, cek sekali lagi konfigurasi anda.


Webproxy Internal

Pada routerboard tertentu, seperti RB450G, RB433AH, RB433UAH, RB800 dan RB1100 mempunyai expansion slot (USB, MicroSD, CompactFlash) untuk storage tambahan. Pada contoh berikut, kita akan menggunakan usb flashdisk yang dipasangkan pada slot USB. Untuk pertama kali pemasangan, storage tambahan ini akan terbaca statusnya invalid di /system store. Agar dapat digunakan sebagai media penyimpan cache, maka storage harus diformat dahulu dan diaktifkan Nantinya kita tinggal mengaktifkan webproxy dan set cache-on-disk=yes untuk menggunakan media storage kita. Jangan lupa untuk membelokkan trafik HTTP (tcp port 80) kedalam webproxy kita.

/store disk format-drive usb1

/store
add disk=usb1 name=cache-usb type=web-proxy
activate cache-usb

/ip proxy
set cache-on-disk=yes enabled=yes max-cache-size=200000KiB port=8080

/ip firewall nat
add chain=dstnat protocol=tcp dst-port=80 in-interface=wlan2 action=redirect to-ports=8080

Pengaturan Mangle

Pada loadbalancing kali ini kita akan menggunakan fitur yang disebut PCC (Per Connection Classifier). Dengan PCC kita bisa mengelompokan trafik koneksi yang melalui atau keluar masuk router menjadi beberapa kelompok. Pengelompokan ini bisa dibedakan berdasarkan src-address, dst-address, src-port dan atau dst-port. Router akan mengingat-ingat jalur gateway yang dilewati diawal trafik koneksi, sehingga pada paket-paket selanjutnya yang masih berkaitan dengan koneksi awalnya akan dilewatkan pada jalur gateway yang sama juga. Kelebihan dari PCC ini yang menjawab banyaknya keluhan sering putusnya koneksi pada teknik loadbalancing lainnya sebelum adanya PCC karena perpindahan gateway..
Sebelum membuat mangle loadbalance, untuk mencegah terjadinya loop routing pada trafik, maka semua trafik client yang menuju network yang terhubung langsung dengan router, harus kita bypass dari loadbalancing. Kita bisa membuat daftar IP yang masih dalam satu network router dan memasang mangle pertama kali sebagai berikut

/ip firewall address-list
add address=192.168.101.0/30 list=lokal
add address=192.168.102.0/30 list=lokal
add address=10.10.10.0/24 list=lokal

/ip firewall mangle
add action=accept chain=prerouting dst-address-list=lokal in-interface=wlan2 comment=”trafik lokal”
add action=accept chain=output dst-address-list=lokal

Pada kasus tertentu, trafik pertama bisa berasal dari Internet, seperti penggunaan remote winbox atau telnet dari internet dan sebagainya, oleh karena itu kita juga memerlukan mark-connection untuk menandai trafik tersebut agar trafik baliknya juga bisa melewati interface dimana trafik itu masuk

/ip firewall mangle
add action=mark-connection chain=prerouting connection-mark=no-mark in-interface=ether1 new-connection-mark=con-from-isp1 passthrough=yes comment=”trafik dari isp1”
add action=mark-connection chain=prerouting connection-mark=no-mark in-interface=ether2 new-connection-mark=con-from-isp2 passthrough=yes comment=”trafik dari isp2”

Umumnya, sebuah ISP akan membatasi akses DNS servernya dari IP yang hanya dikenalnya, jadi jika anda menggunakan DNS dari salah satu ISP anda, anda harus menambahkan mangle agar trafik DNS tersebut melalui gateway ISP yang bersangkutan bukan melalui gateway ISP lainnya. Disini kami berikan mangle DNS ISP1 yang melalui gateway ISP1. Jika anda menggunakan publik DNS independent, seperti opendns, anda tidak memerlukan mangle dibawah ini.

/ip firewall mangle
add action=mark-connection chain=output comment=dns dst-address=202.65.112.21 dst-port=53 new-connection-mark=dns passthrough=yes protocol=tcp comment=”trafik DNS citra.net.id”
add action=mark-connection chain=output dst-address=202.65.112.21 dst-port=53 new-connection-mark=dns passthrough=yes protocol=udp
add action=mark-routing chain=output connection-mark=dns new-routing-mark=route-to-isp1 passthrough=no

Karena kita menggunakan webproxy pada router, maka trafik yang perlu kita loadbalance ada 2 jenis. Yang pertama adalah trafik dari client menuju internet (non HTTP), dan trafik dari webproxy menuju internet. Agar lebih terstruktur dan mudah dalam pembacaannya, kita akan menggunakan custom-chain sebagai berikut :

/ip firewall mangle
add action=jump chain=prerouting comment=”lompat ke client-lb” connection-mark=no-mark in-interface=wlan2 jump-target=client-lb
add action=jump chain=output comment=”lompat ke lb-proxy” connection-mark=no-mark out-interface=!wlan2 jump-target=lb-proxy

Pada mangle diatas, untuk trafik loadbalance client pastikan parameter in-interface adalah interface yang terhubung dengan client, dan untuk trafik loadbalance webproxy, kita menggunakan chain output dengan parameter out-interface yang bukan terhubung ke interface client. Setelah custom chain untuk loadbalancing dibuat, kita bisa membuat mangle di custom chain tersebut sebagai berikut

/ip firewall mangle
add action=mark-connection chain=client-lb dst-address-type=!local new-connection-mark=to-isp1 passthrough=yes per-connection-classifier=both-addresses:3/0 comment=”awal loadbalancing klien”
add action=mark-connection chain=client-lb dst-address-type=!local new-connection-mark=to-isp1 passthrough=yes per-connection-classifier=both-addresses:3/1
add action=mark-connection chain=client-lb dst-address-type=!local new-connection-mark=to-isp2 passthrough=yes per-connection-classifier=both-addresses:3/2
add action=return chain=client-lb comment=”akhir dari loadbalancing”

/ip firewall mangle
add action=mark-connection chain=lb-proxy dst-address-type=!local new-connection-mark=con-from-isp1 passthrough=yes per-connection-classifier=both-addresses:3/0 comment=”awal load balancing proxy”
add action=mark-connection chain=lb-proxy dst-address-type=!local new-connection-mark=con-from-isp1 passthrough=yes per-connection-classifier=both-addresses:3/1
add action=mark-connection chain=lb-proxy dst-address-type=!local new-connection-mark=con-from-isp2 passthrough=yes per-connection-classifier=both-addresses:3/2
add action=return chain=lb-proxy comment=”akhir dari loadbalancing”

Untuk contoh diatas, pada loadbalancing client dan webproxy menggunakan parameter pemisahan trafik pcc yang sama, yaitu both-address, sehingga router akan mengingat-ingat berdasarkan src-address dan dst-address dari sebuah koneksi. Karena trafik ISP kita yang berbeda (512kbps dan 256kbps), kita membagi beban trafiknya menjadi 3 bagian. 2 bagian pertama akan melewati gateway ISP1, dan 1 bagian terakhir akan melewati gateway ISP2. Jika masing-masing trafik dari client dan proxy sudah ditandai, langkah berikutnya kita tinggal membuat mangle mark-route yang akan digunakan dalam proses routing nantinya

/ip firewall mangle
add action=jump chain=prerouting comment=”marking route client” connection-mark=!no-mark in-interface=wlan2 jump-target=route-client
add action=mark-routing chain=route-client connection-mark=to-isp1 new-routing-mark=route-to-isp1 passthrough=no
add action=mark-routing chain=route-client connection-mark=to-isp2 new-routing-mark=route-to-isp2 passthrough=no
add action=mark-routing chain=route-client connection-mark=con-from-isp1 new-routing-mark=route-to-isp1 passthrough=no
add action=mark-routing chain=route-client connection-mark=con-from-isp2 new-routing-mark=route-to-isp2 passthrough=no
add action=return chain=route-client disabled=no

/ip firewall mangle
add action=mark-routing chain=output comment=”marking route proxy” connection-mark=con-from-isp1 new-routing-mark=route-to-isp1 out-interface=!wlan2 passthrough=no
add action=mark-routing chain=output connection-mark=con-from-isp2 new-routing-mark=route-to-isp2 out-interface=!wlan2 passthrough=no

Pengaturan Routing

Pengaturan mangle diatas tidak akan berguna jika anda belum membuat routing berdasar mark-route yang sudah kita buat. Disini kita juga akan membuat routing backup, sehingga apabila sebuah gateway terputus, maka semua koneksi akan melewati gateway yang masing terhubung

/ip route
add check-gateway=ping dst-address=0.0.0.0/0 gateway=192.168.101.1 routing-mark=route-to-isp1 distance=1
add check-gateway=ping dst-address=0.0.0.0/0 gateway=192.168.102.1 routing-mark=route-to-isp1 distance=2
add check-gateway=ping dst-address=0.0.0.0/0 gateway=192.168.102.1 routing-mark=route-to-isp2 distance=1
add check-gateway=ping dst-address=0.0.0.0/0 gateway=192.168.101.1 routing-mark=route-to-isp2 distance=2



Dari gambar terlihat, bahwa hanya dengan melakukan 1 file download (1 koneksi), kita hanya mendapatkan speed 56kBps (448kbps) karena pada saat itu melewati gateway ISP1, sedangkan jika kita mendownload file (membuka koneksi baru) lagi pada web lain, akan mendapatkan 30kBps (240kbps). Dari pengujian ini terlihat dapat disimpulkan bahwa

512kbps + 256kbps ≠ 768kbps

Catatan :

* Loadbalancing menggunakan teknik pcc ini akan berjalan efektif dan mendekati seimbang jika semakin banyak koneksi (dari client) yang terjadi.

* Gunakan ISP yang memiliki bandwith FIX bukan Share untuk mendapatkan hasil yang lebih optimal.

* Load Balance menggunakan PCC ini bukan selamanya dan sepenuhnya sebuah solusi yang pasti berhasil baik di semua jenis network, karena proses penyeimbangan dari traffic adalah berdasarkan logika probabilitas.
Sekian dulu informasinya semoga dapat bermanfaat...

Sumber :Pujo Dewobroto (mikrotik.co.id)

Senin, 25 Oktober 2010

Daftar Repository Local Ubuntu 10.10 Maverick Meerkat

Ini dia repo si maverick. selamat kopas ke sources.listnya!

#Buaya
deb http://buaya.klas.or.id/ubuntu/ maverick main restricted universe multiverse
deb-src http://buaya.klas.or.id/ubuntu/ maverick main restricted universe multiverse

deb http://buaya.klas.or.id/ubuntu/ maverick-updates main restricted universe multiverse
deb-src http://buaya.klas.or.id/ubuntu/ maverick-updates main restricted universe multiverse

deb http://buaya.klas.or.id/ubuntu/ maverick-security main restricted universe multiverse
deb-src http://buaya.klas.or.id/ubuntu/ maverick-security main restricted universe multiverse

#CBN
deb http://ubuntu.cbn.net.id/Ubuntu/ maverick main restricted universe multiverse
deb-src http://ubuntu.cbn.net.id/Ubuntu/ maverick main restricted universe multiverse

deb http://ubuntu.cbn.net.id/Ubuntu/ maverick-updates main restricted universe multiverse
deb-src http://ubuntu.cbn.net.id/Ubuntu/ maverick-updates main restricted universe multiverse

deb http://ubuntu.cbn.net.id/Ubuntu/ maverick-security main restricted universe multiverse
deb-src http://ubuntu.cbn.net.id/Ubuntu/ maverick-security main restricted universe multiverse

#FOSS-ID
deb http://dl2.foss-id.web.id/ubuntu/ maverick main restricted universe multiverse
deb-src http://dl2.foss-id.web.id/ubuntu/ maverick main restricted universe multiverse

deb http://dl2.foss-id.web.id/ubuntu/ maverick-updates main restricted universe multiverse
deb-src http://dl2.foss-id.web.id/ubuntu/ maverick-updates main restricted universe multiverse

deb http://dl2.foss-id.web.id/ubuntu/ maverick-security main restricted universe multiverse
deb-src http://dl2.foss-id.web.id/ubuntu/ maverick-security main restricted universe multiverse

#IndikaNET
deb http://ubuntu.indika.net.id/ maverick main restricted universe multiverse
deb-src http://ubuntu.indika.net.id/ maverick main restricted universe multiverse

deb http://ubuntu.indika.net.id/ maverick-updates main restricted universe multiverse
deb-src http://ubuntu.indika.net.id/ maverick-updates main restricted universe multiverse

deb http://ubuntu.indika.net.id/ maverick-security main restricted universe multiverse
deb-src http://ubuntu.indika.net.id/ maverick-security main restricted universe multiverse

#ITB
deb ftp://ftp.itb.ac.id/pub/ubuntu/ maverick main restricted universe multiverse
deb-src ftp://ftp.itb.ac.id/pub/ubuntu/ maverick main restricted universe multiverse

deb ftp://ftp.itb.ac.id/pub/ubuntu/ maverick-updates main restricted universe multiverse
deb-src ftp://ftp.itb.ac.id/pub/ubuntu/ maverick-updates main restricted universe multiverse

deb ftp://ftp.itb.ac.id/pub/ubuntu/ maverick-security main restricted universe multiverse
deb-src ftp://ftp.itb.ac.id/pub/ubuntu/ maverick-security main restricted universe multiverse

#ITS
deb http://mirror.its.ac.id/pub/ubuntu/ maverick main restricted universe multiverse
deb-src http://mirror.its.ac.id/pub/ubuntu/ maverick main restricted universe multiverse

deb http://mirror.its.ac.id/pub/ubuntu/ maverick-updates main restricted universe multiverse
deb-src http://mirror.its.ac.id/pub/ubuntu/ maverick-updates main restricted universe multiverse

deb http://mirror.its.ac.id/pub/ubuntu/ maverick-security main restricted universe multiverse
deb-src http://mirror.its.ac.id/pub/ubuntu/ maverick-security main restricted universe multiverse

#Si Komo
deb http://komo.vlsm.org/ubuntu/ maverick main restricted universe multiverse
deb-src http://komo.vlsm.org/ubuntu/ maverick main restricted universe multiverse

deb http://komo.vlsm.org/ubuntu/ maverick-updates main restricted universe multiverse
deb-src http://komo.vlsm.org/ubuntu/ maverick-updates main restricted universe multiverse

deb http://komo.vlsm.org/ubuntu/ maverick-security main restricted universe multiverse
deb-src http://komo.vlsm.org/ubuntu/ maverick-security main restricted universe multiverse

#Undip
deb http://jaran.undip.ac.id/ubuntu/ maverick main restricted universe multiverse
deb-src http://jaran.undip.ac.id/ubuntu/ maverick main restricted universe multiverse

deb http://jaran.undip.ac.id/ubuntu/ maverick-updates main restricted universe multiverse
deb-src http://jaran.undip.ac.id/ubuntu/ maverick-updates main restricted universe multiverse

deb http://jaran.undip.ac.id/ubuntu/ maverick-security main restricted universe multiverse
deb-src http://jaran.undip.ac.id/ubuntu/ maverick-security main restricted universe multiverse

#UGM
eb http://repo.ugm.ac.id/ubuntu/ maverick main restricted universe multiverse
deb-src http://repo.ugm.ac.id/ubuntu/ maverick main restricted universe multiverse

deb http://repo.ugm.ac.id/ubuntu/ maverick-updates main restricted universe multiverse
deb-src http://repo.ugm.ac.id/ubuntu/ maverick-updates main restricted universe multiverse

deb http://repo.ugm.ac.id/ubuntu/ maverick-security main restricted universe multiverse
deb-src http://repo.ugm.ac.id/ubuntu/ maverick-security main restricted universe multiverse

#UI
deb http://kambing.ui.edu/ubuntu/ maverick main restricted universe multiverse
deb-src http://kambing.ui.edu/ubuntu/ maverick main restricted universe multiverse

deb http://kambing.ui.edu/ubuntu/ maverick-updates main restricted universe multiverse
deb-src http://kambing.ui.edu/ubuntu/ maverick-updates main restricted universe multiverse

deb http://kambing.ui.edu/ubuntu/ maverick-security main restricted universe multiverse
deb-src http://kambing.ui.edu/ubuntu/ maverick-security main restricted universe multiverse

#UMS
deb http://mugos.ums.ac.id/ubuntu/ maverick main restricted universe multiverse
deb-src http://mugos.ums.ac.id/ubuntu/ maverick main restricted universe multiverse

deb http://mugos.ums.ac.id/ubuntu/ maverick-updates main restricted universe multiverse
deb-src http://mugos.ums.ac.id/ubuntu/ maverick-updates main restricted universe multiverse

deb http://mugos.ums.ac.id/ubuntu/ maverick-security main restricted universe multiverse
deb-src http://mugos.ums.ac.id/ubuntu/ maverick-security main restricted universe multiverse

#UNEJ
deb http://mirror.unej.ac.id/ubuntu/ maverick main restricted universe multiverse
deb-src http://mirror.unej.ac.id/ubuntu/ maverick main restricted universe multiverse

deb http://mirror.unej.ac.id/ubuntu/ maverick-updates main restricted universe multiverse
deb-src http://mirror.unej.ac.id/ubuntu/ maverick-updates main restricted universe multiverse

deb http://mirror.unej.ac.id/ubuntu/ maverick-security main restricted universe multiverse
deb-src http://mirror.unej.ac.id/ubuntu/ maverick-security main restricted universe multiverse

diambil dari berbagai sumber.

Label:

Jumat, 22 Oktober 2010

Kisah Belajar Linux

Kisah ini adalah pengalaman penulis ketika pertama masuk kuliah, saat pertama masuk kuliah dan waktu itu belum tau apa tentang ilmu komputer. Tetapi karena merasa penasaran untuk mengetahui apa itu kaomputer dan bagaimana komputer itu dapat di operasikan sehingga mulailah belajar dengan tekun dan serius.

Setelah sekian lama aku mencoba untuk mempelajari ilmu komputer, tiba-tiba aku mendengar ada sebuah OS yang lebih dikenal juga oleh kalangan pengguna komputer yaitu "Linu". sebelumnya aku cuma berpikir kalau dalam ilmu komputer yang aku pelajari cuma OS Windows aja yang ada, sehingga aku jadi kepingin mengetahui begaimana sih yang di bilang OS Linux. Saking penasarannya aku membeli beberapa buku dan majalah yang membahas seputar linux.

Pertama sekali aku menggunakan OS "Linux" aku sedikit kewalahana. Tetapi karena kainginan untuk mempelajarinya menggebu-gebu dan mencoba terus, ketika sesuatu yang aku coba itu belum mempunyai hasil aku tidak sungkan-sungkan untuk bertanya kepada orang-orang yang sudah mengerti tentang linux. Seperti misalnya sama anggota komunitas-komunitas pengguna linux. Setelah sekian lama aku mempelajari "Linux" barulah aku mengetahui kelebihannya dari pada Windows.

Ternyata linux itu lebih unix dari windows, bayangkan saja kalau windows itu adalah sebuah OS yang masih close source, sehingga kalau kita ingin memodifikasi windows tidak bisa, berbeda dengan linux. Kita misalnya ingin memodifikasinya menjadi lebih kompatibel terhadap sebuah software, sehingga apa yang sudah kita modifikasi tersebut bisa kita kirim ke situs dari pengembangnya. Dengan berkat modifikasi dari kita ini orang lainpun dapat menggunakannya.

Sebuah yang lebih menarik dalam saya mempelajari Linux ini adalah kita bisa menggunakan terminal untuk memerintahkan sesuatu yang mau kita kembangkan atau kita modifikasi sehingga bentuk cukup menarik, dan terlebih-lebih melatih kita untuk menggunakan text base dalam ilmu pemrograman.

itulah kisah pengalaman saya waktu balejar Linux

Label:

Sabtu, 16 Oktober 2010

Upgrade Kubuntu 10.04 (Lucid Lynx) ke Kubuntu 10.10 (Maverick Meerkat)

Kubuntu 10.10 Maverick Meerkat baru saja dirilis seiring dengan di rilisnya Ubuntu 10.10, Panduan ini membarikan cara bagaimana meng-Upgrade Kubuntu 10.04 ke desktop Kubuntu 10.10.

Panduan ini saya buat berdasarkan cara yang saya gunakan, kalau misalnya cara ini tidak berjalan pada anda berarti mungkin perlu cara-cara tambahan yang tidak ada pada tulisan ini...

oke, dari pada banyak x ngoceh mending kita lansung aja ke pokoknya...

Upgrade
- Buka System Aplikasi...



- dan buka pada terminal



- Kemudian ketik

" Sudo su "

untuk masuk sebagai root

- kemudian buka /etc/update-manager/release-upgrades

" vi/etc/update-manager/release-upgrades "

- Ubah tulisan pada baris Prompt=lts ke Prompt=normal:

" [...]
Prompt=normal
"

- Setelah itu tutup terminal

- Kemudian masuk ke Aplications -- System --
Software management
:



- KPackageKit sudah terbuka. Dalam KPackageKit, pergi ke Update Perangkat Lunak.
Anda harus menemukan pesan di sana bahwa upgrade distribusi tersedia. Dan
selanjutnya klik pada link upgrade untuk memulai upgrade ke Kubuntu 10.10:



- Klik lanjutkan untuk melanjutkan anda melakukan konfirmasi upgrade:



Selanjutnya akan keluar sebuah jendela dengan rilis 10.10 dan klik upgrade.



- Proses untuk upgrade sedang dengan melakukan donwload untuk melanjutkan ke upgrade



- Klik "Start" untuk selanjutnya akan melakukan upgrade:



- Paket-paket yang di upgrade sedang di donwload:



- dan di install, proses ini akan memakan waktu jadi harap untuk bersabar.



- pada akhir proses dari upgrade ini, dan di harapkan anda untuk menghapus
paket-paket yang sudah usang.





- Sampailah pada tahap akhir, setelah semua selesai kita harus melakukan style="font-style:italic;">restart now



- Setelah melakukan Restart anda dapat menggunakan Kubuntu 10.10 Desktop.



Sekian dulu semoga bermanfaat:
sumber:http://www.howtoforge.com/how-to-upgrade-kubuntu-10.04-lucid-lynx-to-10.10-
maverick-meerkat
http://www.kubuntu.org/

Label:

Siksa Kubur

Semua manusia yang hidup di dunia ini pasti akan merasakan yang dinamakan dengan kematian, Ketika kehidupan ini adalah kematian.. kami semua ada di dalam kubur mu.. begitu gelap.. begitu pekat.. sendirian dan sunyi.. hati ini menangis.. hati ini pun tersedu.. kami ini adalah kumpulan orang orang yang buta.. tetapi kami ini begitu bodoh nya tak menyadari bahwa kami ini buta.. dan ketika ada di dalam ruang yang gelap.. kami ini begitu bodoh tak menyadari bahwa kami ini dalam gelap.. kami ini sungguh bodoh.. kami ini begitu buta.. kami ini begitu gelap.. duuh gustiii.. bodohnya kami berdiri di sombong dan angkuhnya kami.. yang tak menyadari bahwa kami ada di dalam siksa kubur mu ya Rabbi..

Dan kini kesempatan dari Mu akan usai.. Sebulan dariMu pun telah kami sia siakan.. kami ini tidak sadar kalau kau telah berikan setitik cahaya mu di kubur kami.. Tapi kami hanya menikmati mimpi mimpi di tidur kami.. duh gustiii.. Apa yang pantas kami persembahkan kepada Mu.. Apa pula yang pantas aku dapatkan untuk kemenangan dari Mu.. Kesempatan mu hanya untuk lapar dan haus kami.. tapi tak sedikitpun mengerti bagaimana diri ini telah kau beri kesempatan untuk mampu mengantarkan kembali pulang kepadaMu.. Apa kami masih pantas merayakan kemenangan Mu esok hari..

Kami ini bodoh.. kami ini terlalu memudahkan.. Memudahkan kesempatan dariMu seolah olah kami menjumpai kesempatan Mu di lain waktu.. Sedangkan diri ini rapuh.. tidak sadar berdiri di ujung tanduk.. yang mungkin tak tau apakah masih ada kesempatan di lain waktu bagi kami.. Duuh Gustii.. Cinta kami kepada mu ini hanya lisan ku saja.. rindu kami ini pun hanya lidah ku saja.. pemanis bibir ini hanya hiasan hiasan diatas tertawa riang nya kami.. Begitu bodohnya kami ini yang tak menyadari.. Hati ini tak sedikitpun bergetar mengatakan cinta dan rindu kepada Mu.. Di hadapan Mu pun kami sudah berani berbohong.. Kemudian apa kami ini pantas mendapatkan kemenangan dari Mu ya Rabbi..

Kami ini rindu kepada siapa..?
Disini ini kami rindu siapa..?
Kami ini ingin melihat apa..?
Mata kami ini untuk apa..?
Kami ini buta.. kami ini gelap.. kami ini berbohong.. kami ini sombong.. kami ini angkuh.. kami ini Tak tahu kepada siapa kami rindu dan cinta..

Kanjeng nabi muhammad setiap saat berjalan di hadapan kami tapi tak pernah kami hiraukan..
Perahu Muhammad untuk kami naik mengarungi samudera diri Mu pun tak kami perhatikan..
Kami ini hanya sibuk memperhatikan perahu nya tapi betapa bodohnya kami tak mengerti nilai dalam perahu ini..
Kami ini tidak sadar kalo ga pernah rindu kepada yang akan menyelamatkan kami..
Tak pernah rindu kepada yang akan berikan kami rejeki..
Dan tak pernah sadar bahwa kami ini dibawa menuju cahaya mu untuk menerangi kubur kami ini.. bodohnya kami ini yaa Rabbi..


" Maka mata ini buat apa.. telinga ini untuk apa.. dan bila nanti Kau sungguh sungguh menghajar.. mau seperti apa lagi kami semua.."

Kata-kata yang ada dalam postingan blog ini dalah sebuah tulisan yang saya ambil dari kawan saya yang suka menulis, dan tulisan ini sangat menggugah kita untuk melakukan introspeksi diri, merenungi masa yang akan kita hadapi yaitu; Kematian. karena semua makhluk yang ada di atas dunia ini akan merasakan yang namanya kematian, dan kematian itu datang kita tidak pernah tahu kapan dia datang.

Label:

Load Balancing Mikrotik

Sistem Load Balancing pada router umumnya perlu dilakukan settingan tambahan.
ISP dimana kita bekerja sebagai Administrator menggunakan lebih dari satu gateway untuk terhubung ke Internet. Semuanya harus dapat melayani layanan upstream & downstream. Karena akan beda kasusnya apabila salah satunya hanya dapat melayani downstream, contohnya jika menggunakan VSAT DVB One-way.

Ini adalah sebuah contoh kasus yang coba saya terapkan, tetapi ini saya misalkan dari punya lain bukan punya Kantor tempat saya melakukan percobaan, jika ISP memiliki 2 jalur ke Internet. Satu menggunakan akses DSL (256 Kbps) dan lainnya menggunakan Wireless (512 Kbps). Dengan rasio pemakaian DSL:Wireless = 1:2 .

Yang akan dilakukan :

1. Menggunakan semua jalur gateway yang tersedia dengan teknik load-balancing.
2. Menjadikan salah satunya sebagai back-up dengan teknik fail-over.

OK, mari saja kita mulai eksperimennya :

1. IP address untuk akses ke LAN :
> /ip address add address=192.168.0.1/28 interface=LAN
IP address untuk akses ke jalur DSL :
> /ip address add address=10.32.57.253/29 interface=DSL
IP address untuk akses ke jalur Wireless :
> /ip address add address=10.9.8.2/29 interface=WIRELESS
Tentukan gateway dengan rasionya masing-masing :
> /ip route add gateway=10.32.57.254,10.9.8.1,10.9.8.1
2. Pada kasus untuk teknik fail-over. Diasumsikan jalur utama melalui Wireless dengan jalur DSL sebagai back-up apabila jalur utama tidak dapat dilalui. Untuk mengecek apakah jalur utama dapat dilalui atau tidak, digunakan command ping.
> /ip firewall mangle add chain=prerouting src-address=192.168.0.0/28 action=mark-routing new-routing-mark=SUBNET1-RM
> /ip route add gateway=10.9.8.1 routing-mark=SUBNET1-RM check-gateway=ping
> /ip route add gateway=10.32.57.254
3. Good Luck!!

PCQ

Dengan menggunakan queue type pcq di Mikrotik, kita bisa membagi bandwidth yang ada secara merata untuk para pelahap-bandwidth™ saat jaringan pada posisi peak.

Contohnya, kita berlangganan 256 Kbps. Kalau ada yang sedang berinternet ria, maka beliau dapat semua itu jatah bandwidth. Tetapi begitu teman-temannya datang, katakanlah 9 orang lagi, maka masing-masingnya dapat sekitar 256/10 Kbps. Yah.. masih cukup layaklah untuk buka-buka situs non-porn atau sekedar cek e-mail & blog .

OK, langsung saja ke caranya :

1. Asumsi : Network Address 192.168.169.0/28, interface yang mengarah ke pengguna diberi nama LAN, dan interface yang mengarah ke upstream provider diberi nama INTERNET;
2. Ketikkan di console atau terminal :
> /ip firewall mangle add chain=forward src-address=192.168.169.0/28 action=mark-connection new-connection-mark=NET1-CM
> /ip firewall mangle add connection-mark=NET1-CM action=mark-packet new-packet-mark=NET1-PM chain=forward
> /queue type add name=downsteam-pcq kind=pcq pcq-classifier=dst-address
> /queue type add name=upstream-pcq kind=pcq pcq-classifier=src-address
> /queue tree add parent=LAN queue=DOWNSTREAM packet-mark=NET1-PM
> /queue tree add parent=INTERNET queue=UPSTREAM packet-mark=NET1-PM
3. Good Luck!!

Memanipulasi ToS ICMP & DNS di MikroTik

Tujuan :

* Memperkecil delay ping dari sisi klien ke arah Internet.
* Mempercepat resolving hostname ke ip address.

Asumsi : Klien-klien berada pada subnet 10.10.10.0/28

1. Memanipulasi Type of Service untuk ICMP Packet :
> ip firewall mangle add chain=prerouting src-address=10.10.10.0/28 protocol=icmp action=mark-connection new-connection-mark=ICMP-CM passthrough=yes
> ip firewall mangle add chain=prerouting connection-mark=ICMP-CM action=mark-packet new-packet-mark=ICMP-PM passthrough=yes
> ip firewall mangle add chain=prerouting packet-mark=ICMP-PM action=change-tos new-tos=min-delay
2. Memanipulasi Type of Service untuk DNS Resolving :
> ip firewall mangle add chain=prerouting src-address=10.10.10.0/28 protocol=tcp dst-port=53 action=mark-connection new-connection-mark=DNS-CM passthrough=yes
> ip firewall mangle add chain=prerouting src-address=10.10.10.0/28 protocol=udp dst-port=53 action=mark-connection new-connection-mark=DNS-CM passthrough=yes
> ip firewall mangle add chain=prerouting connection-mark=DNS-CM action=mark-packet new-packet-mark=DNS-PM passthrough=yes
> ip firewall mangle add chain=prerouting packet-mark=DNS-PM action=change-tos new-tos=min-delay
3. Menambahkan Queue Type :
> queue type add name=”PFIFO-64″ kind=pfifo pfifo-limit=64
4. Mengalokasikan Bandwidth untuk ICMP Packet :
> queue tree add name=ICMP parent=INTERNET packet-mark=ICMP-PM priority=1 limit-at=8000 max-limit=16000 queue=PFIFO-64
5. Mengalokasikan Bandwidth untuk DNS Resolving :
> queue tree add name=DNS parent=INTERNET packet-mark=DNS-PM priority=1 limit-at=8000 max-limit=16000 queue=PFIFO-64
6. Good Luck!!

Queue Tree with more than two interfaces

Basic Setup

This page will tak about how to make QUEUE TREE in RouterOS that with Masquerading for more than two interfaces. It’s for sharing internet connection among users on each interfacess. In manual this possibility isn’t writted.

First, let’s set the basic setting first. I’m using a machine with 3 or more network interfaces:

[admin@instaler] > in pr

# NAME TYPE RX-RATE TX-RATE MTU

0 R public ether 0 0 1500

1 R wifi1 wlan 0 0 1500

2 R wifi2 wlan 0 0 1500

3 R wifi3 wlan 0 0 1500

And this is the IP Addresses for each interface:

[admin@instaler] > ip ad pr

Flags: X - disabled, I - invalid, D - dynamic

# ADDRESS NETWORK BROADCAST INTERFACE

0 10.20.1.0/24 10.20.1.0 10.20.1.255 public

1 10.10.2.0/24 10.10.2.0 10.10.2.255 wifi1

2 10.10.3.0/24 10.10.3.0 10.10.3.255 wifi2

3 10.10.4.0/24 10.10.4.0 10.10.4.255 wifi3

On the public you can add NAT or proxy if you want.

Mangle Setup

And now is the most important part in this case.

We need to mark our users. One connectoin for upload and second for download. In this example I add mangle for one user. At the end I add mangle for local transmission because I don’t QoS local trafic emong users. But for user I need to separate upload and download.

[admin@instaler] ip firewall mangle> print

Flags: X - disabled, I - invalid, D - dynamic

disabled=no

0 chain=forward dst-address=10.10.2.36 action=mark-connection

new-connection-mark=users-userU passthrough=yes comment=”” disabled=no

1 chain=forward dst-address=10.10.2.36 action=mark-connection

new-connection-mark=users-userD passthrough=yes comment=”” disabled=no

2 chain=forward connection-mark=users-userU action=mark-packet

new-packet-mark=userU passthrough=yes comment=”” disabled=no

3 chain=forward connection-mark=users-userD action=mark-packet

new-packet-mark=userD passthrough=yes comment=”” disabled=no

98 chain=forward src-address=10.10.0.0/16 dst-address=10.10.0.0/16

action=mark-connection new-connection-mark=users-lokal passthrough=yes

99 chain=forward connection-mark=users-lokal action=mark-packet

new-packet-mark=lokalTrafic passthrough=yes

Queue Tree Setup

And now, the queue tree setting. We need one rule for downlink and one rule for uplink. Be careful when choosing the parent. for downlink traffic, we use parent “global-out”, because we have two or more downloading interfaces. And for uplink, we are using parent “public”, we want QoS uplink traffic. (I’m using pcq-up and download from manual) This example is for 2Mb/1Mb

[admin@instaler] > queue tree pr

Flags: X - disabled, I - invalid

0 name=”Download” parent=global-out packet-mark=”” limit-at=0

queue=pcq-download priority=1 max-limit=2000000 burst-limit=0

burst-threshold=0 burst-time=0s

1 name=”Upload” parent=WGW packet-mark=”” limit-at=0 queue=pcq-upload

priority=1 max-limit=1000000 burst-limit=0 burst-threshold=0

burst-time=0s

Now we add our user:

2 name=”user10D” parent=Download packet-mark=userD limit-at=0

queue=pcq-download priority=5 max-limit=0 burst-limit=0

burst-threshold=0 burst-time=0s

3 name=”user10U” parent=Upload packet-mark=userU limit-at=0

queue=pcq-upload priority=5 max-limit=0 burst-limit=0 burst-threshold=0

burst-time=0s

MAC Address + IP Address Linux

#!/bin/sh

iptables=/sbin/iptables

#definisikan default policy disini
$iptables -F INPUT
$iptables -F OUTPUT
$iptables -P INPUT DROP
$iptables -P OUTPUT DROP #ingat nanti buka policy output yg perlu
$iptables -F FORWARD
$iptables -F -t nat
$iptables -P FORWARD DROP

#definisi default policy dan bikin chain baru bernama maccheck di interface eth1
$iptables -t mangle -F
$iptables -t mangle -F maccheck
$iptables -t mangle -X maccheck
$iptables -t mangle -N maccheck
$iptables -t mangle -I PREROUTING -i eth1 -p all -j maccheck

#self explanatory… ip address + mac
$iptables -t mangle -A maccheck -s 192.168.0.1 -i eth1 -m mac -j RETURN
–mac-source
00:80:11:11:11:11
$iptables -t mangle -A maccheck -s 192.168.0.2 -i eth1 -m mac -j RETURN
–mac-source
00:80:22:22:22:22
$iptables -t mangle -A maccheck -s 192.168.0.3 -i eth1 -m mac -j RETURN
–mac-source
00:80:33:33:33:33

#selain yg terdaftar baik ip maupun mac akan di mark untuk nanti di drop, isi
dengan salah satu
mac yg aktif yg mana saja
#disini contohnya 00:80:11:11:11:11 yg sudah kita definisikan di atas
$iptables -t mangle -A maccheck -s 0/0 -i eth1 -m mac -j MARK –mac-source !
00:80:11:11:11:11
–set-mark 1
$iptables -t mangle -A maccheck -s 0/0 -i eth1 -p all -j MARK –set-mark 1

#drop packet yg di mark
$iptables -A INPUT -i eth1 -m mark –mark 1 -j DROP
$iptables -A OUTPUT -o eth1 -m mark –mark 1 -j DROP
$iptables -A FORWARD -i eth1 -m mark –mark 1 -j DROP

#lanjutkan firewall script anda disini

ok, saya cukupkan disini dulu nanti coba anda lanjutkan tambahannya sendiri... semoga bermanfaat.

Label:

Rabu, 13 Oktober 2010

Perjalan TA Aku

Jam baru menunjukkan jam 05.30 pagi, aku bangun lansung melaksanakan perintah dari sang khalik. setelah aku melaksanakan kewajibanku ini, aku mencoba untuk keluar dan jalan-jalan sambil menikmati udara yang masih pagi.

Saat aku kembali kerumah aku terpikirkan aku harus jumpa dengan dosen pembimbing TA. Aku sudah janji kemaren sama dia kalau hari ini aku akan datang untuk mengambil berkas hasil dari koreksi dia terhadap tulisan TA yang sedang aku jalani semester ini.

Sekitar jam 08.30 Wib aku berangkat menuju ke kampus, tetapi dalam perjalanan aku mengalami ketemu sama rahmat yang diberikan oleh sang khalik kepada hambanya di atas bumi ini, yaitu Allah menurunkan rahmatnya berupa hujan. Aku yang rencana lansung meluncur kekampus terpaksa haru berhenti sementara menunggu hujannya reda.

Kulihat jam di tangan sudah menunjukkan angka 10.30 Wib, sedangkan aku janji sama Dosen pembimbing aku jam 09.00 Wib. Lansung kurongoh kantong celanaku untuk mengambil hp, lansung ku hp dosen pembimbing aku yang menurut perasaan aku dia pasti sedang menunggu kedatanganku.
" Assalamualaikum pak..." aku menyapanya, dia lansung membalas salam dari aku "Waalaikumsalam". aku lansung bilang sama dia " Pak saya minta maaf, saya belum sampai ke kampus karena saya bertemu sama hujan, dan saya sekarang lagi mampir untuk berteduh dari hujan", ternyata dia lansung menjawab " tidak apa-apa, saya lagi memberikan kuliah sebentar lagi mungkin sudah siap, nanti kalau kamu sudah sampai di kampus lansung jumpai saya ya..." itulah jawaban dari dia, aku lansung menjawab " Iyaa... pak ".

Begitu hujannya reda aku lansung menuju ke kampus dan setelah sampai dikampus aku lansung menuju ke ruang Laboratorium tempat dia berada, sesampai di sana ternyata dia sedang memberikan kuliah pada Laboratorium sebelahnya, tidak lama aku mununggu di depan Laboratorium tiba-tiba dia keluar, ketika dia melihat aku dia lansung memberikan kunci Laboratorium dia dan dia bilang " tunggu saja di dalam ".

Sejurus kemudian aku lansung mengambil kunci darinya dan masuk ke dalam Laboratoriumnya dan aku buka interet sambil belajar menunggu dia keluar dari mengajarnya. Tidak lama kemudian dia sudah masuk ke Laboratoriumnya dan lansung mengasih laporan TA aku yang sudah dikoreksinya. Aku mencoba untuk membaca dan menperbaiki kembali yang sudah dikoreksi oleh Dosenku.

Sekitar jam 13.30 Wib aku bangun dari tempat Laboratorium itu dan pergi ke Musalla untuk melaksanakan kewajiban ku dan selesai dari situ aku mampir ke kantin untuk mengisi perutku yang sudah keloncongan, tidak setelah siap dari kantin aku lansung balek ke Laboratorium, karena Dosenku menyuruh aku untuk mengedirnya di dalam Lab lansung.

Tepat jam 16.30 Wib, sore harinya aku pun selesai malakukan pengeditan laporan aku, dan lansung aku bilang sama dosen aku " Pak sudah siap saya perbaiki laporannya ", dia lansung menjawab " kirim aja ke email saya ". Begitu aku mendengar jawaban darinya aku lansung mengirim kepada emailnya.

Aku berharap pada hasil kali ini tidak perlu banyak yang di perbaiki lagi, ya Allah mudahkanlah jalan hambamu ini... Aminn....

Label:

Senin, 11 Oktober 2010

Kupu-Kupu

Tidaklah salah kalau misalnya kupu-kupu ini adalah satwa yang unik dan primadona di antara satwa avertebrata lainnya. Sayapnya yang indah dan menarik mampu memikat hati banyak orang. Susunan sisik serupa atap genteng pada sayap kupu-kupu memberi corak serta pola warna, dan ini merupakan dasar pemberian nama pada kelompok serangga ini, yaitu Lepidoptera.

Indonesia dianugerahi keragaman kupu-kupu yang berlimpah. Dari perkiraan 17.500 jenis kupu-kupu di dunia, tak kurang dari 1.600 jenis di antaranya tersebar di Indonesia. Kekayaan jumlah jenis ini hanya tertandingi oleh negara-negara tropis di Amerika Selatan, seperti Peru dan Brasil yang mempunyai sekitar 3.000 jenis.

Gambaran tentang keragaman dan kekayaan jenis kupu-kupu Indonesia dapat terlihat di sini. Spesimen kupu-kupu tersimpan dengan baik di Laboratorium Entomologi, Bidang Zoologi, Museum Zoologi Bogor, dan Pusat Penelitian Biologi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia.

Geografis mendukung

Keadaan geografis Indonesia sangat mendukung kekayaan khazanah flora dan fauna Nusantara, dengan pengaruh elemen Asia di kawasan barat, elemen Australia di kawasan timur, dan pengaruh kedua elemen di kawasan Wallacea.

Dari sekitar 1.600 jenis kupu-kupu ini, sebagian tersebar di seluruh Indonesia, sementara sebagian lainnya hanya dapat dijumpai di beberapa pulau tertentu.

Sebagai negara kepulauan, Indonesia memiliki keunikan dalam hal sebaran fauna, yang dikenal sebagai endemisitas. Tingkat endemisitas yang tinggi terlihat jelas sekali pada kupu-kupu Indonesia, yang mencapai lebih dari 35 persen dari total jumlah jenis yang menduduki peringkat pertama di dunia.

Peru, Brasil, dan negara-negara lain di Amerika Selatan hanya memiliki tingkat endemisitas kupu-kupu kurang dari 10 persen dari total jumlah jenisnya. Artinya, keunikan kupu-kupu Indonesia jauh melebihi negara-negara mana pun di dunia.

Sulawesi adalah pulau yang memiliki keunikan kupu-kupu tertinggi di Indonesia. Dari 557 jenis yang ada di sana, sebanyak 239 jenis (lebih dari 40 persen) merupakan jenis yang hanya dapat dijumpai di kawasan itu, contohnya Papilio blumei.

Kupu-kupu juga dijadikan simbol metamorfosis yang menakjubkan. Dalam perubahan fase kehidupan (telur-ulat-kepompong-kupu-kupu dewasa), sesungguhnya banyak satwa yang juga mengalami proses metamorfosis serupa, misalnya nyamuk, tawon, dan kumbang. Namun, karena keindahan wujud dewasanya yang sangat kontras dengan bentuk pradewasa, kupu-kupulah yang sering disorot. Dengan demikian, kupu-kupu sering menjadi sumber inspirasi dan motivasi bagi banyak orang.

Ancaman dan perlindungan

Seperti satwa lainnya, kupu-kupu juga menghadapi ancaman kelangkaan dan kepunahan, terutama disebabkan alih fungsi lahan dan habitatnya. Kebanyakan jenis kupu-kupu sangat bergantung pada satu atau dua jenis tumbuhan, yang umum disebut sebagai tanaman inang, sehingga ancaman terhadap jenis tumbuhan tersebut sama saja dengan mengancam keberadaan kupu-kupu.

Jika jenis kupu-kupu itu berperan sebagai penyerbuk tanaman buah atau tanaman potensial lainnya, hilangnya kupu-kupu akan berdampak negatif terhadap produksi tanaman tersebut. Keterkaitan kupu-kupu yang sangat erat dengan tanaman inangnya membuat usaha pelestarian habitat semakin diperlukan.

Dari sekian banyak jenis kupu-kupu di Indonesia, ada 19 jenis yang telah dimasukkan ke dalam daftar jenis satwa yang dilindungi di Indonesia, yaitu Cethosia myrina yang dikenal sebagai kupu-kupu sayap renda dan hanya dijumpai di Sulawesi, Trogonoptera brookiana yang dikenal sebagai kupu-kupu raja Brooke yang dijumpai di Sumatera dan Kalimantan.

Enam jenis kupu-kupu dari marga Ornithoptera yang dikenal sebagai kupu-kupu sayap burung dijumpai di Maluku dan Papua. Adapun 11 jenis kupu-kupu dari marga Troides yang dikenal sebagai kupu-kupu raja (contohnya Troides hypolitus), kebanyakan dijumpai di Indonesia bagian barat dan Sulawesi, serta beberapa jenis berada di Maluku dan Papua.

Masih banyak lagi jenis kupu-kupu yang layak mendapatkan status perlindungan karena berbagai ancaman yang dihadapi. Sebagai contoh, kupu-kupu sayap burung Ornithoptera aesacus yang hanya ditemukan di Pulau Obi dan kupu-kupu sayap burung Ornithoptera croesus yang hanya ditemukan di pulau-pulau di Maluku Utara, perlu segera mendapat perhatian dan perlindungan.

Temuan jenis baru

Kupu-kupu telah menarik perhatian banyak orang sejak lama sehingga kegiatan eksplorasi pengumpulan berbagai jenis kupu-kupu juga telah dilakukan di berbagai belahan Bumi, termasuk di kawasan Nusantara. Saat ini tidak terlalu banyak ditemukan kupu-kupu jenis baru, tetapi tidak tertutup kemungkinan ditemukannya jenis-jenis baru dari pelosok Nusantara.

Selain temuan jenis baru sebagai rekaman sejarah, penggalian potensi kupu-kupu juga harus terus dilakukan. Kontribusi kupu-kupu terhadap kemajuan ilmu medis terbilang cukup signifikan. Demikian besar potensi dan pesona kupu-kupu Indonesia sehingga kita selayaknya memberi ruang bagi kelangsungan hidup mereka.

dari berbagai sumber.

Label:

Khasiat Brokoli dan Bawang Putih


Brokoli adalah salah satu sayuran yang mengandung antioksidan, yang merupakan senyawa untuk menangkal penuaan dini dan juga dapat menghentikan reaksi berantai pembentukan radikal bebas dalam tubuh yang merupakan penyebab dari penyakit-penyakit yang berbahaya seperti kanker dan penyakit jantung.

Sayuran yang berasal dari Italia ini mengandung sulforaphane, yang membunuh kuman pengganggu kerja lambung bernama heliobacterpylori.
Kuman ini penyebab utama kasus luka dan kanker lambung.

Selain itu, brokoli bersifat anti acetylcholinesterase yang baik bagi penderita alzheimer. Penelitian di King’s College, London, Inggris, menyatakan, brokoli mempunyai sifat tersebut yang paling kuat dibandingkan sayuran lainnya.

Lantaran mengandung banyak vitamin dan mineral, brokoli dijuluki The Crown Jewel of Nutrition. Brokoli mengandung vitamin A, potasium, folacin, zat besi dan fiber. Setiap 25 gr brokoli mengandung kalsium setara dengan susu.

Julukan brokoli sebagai makanan multi manfaat sepertinya tidak terbantahkan lagi. Sebuah hasil riset terbaru mengungkapkan sayuran brassica ini mengandung nutrien yang berkhasiat bagi kesehatan pernafasan. Para ahli dari Johns Hopkins School of Medicine, Amerika Serikat, melalui risetnya menyatakan sejenis zat dalam brokoli mampu menekan kerusakan sel-sel yang memicu terjadinya penyakit paru-paru serius. Zat bernama sulforapane ini terbukti mampu meningkatkan konsentrasi protein NRF2 dalam sel paru-paru sekaligus memberikan proteksi bagi sel dari ancaman kerusakan yang disebabkan toksin atau racun.


Bawang putih mengandung zat anti kolesterol yang dikenal dengan istilah ajoene, apabila dikonsumsi dalam jangka waktu tertentu dapat menurunkan kadar kolesterol. Selain itu bawang putih juga dapat membantu meredakan stress, kelemasan dan depresi karena bawang putih ini juga dapat membantu dalam melepaskan serotonin (bahan kimia yang terlibat dalam pengaturan serangkaian suasana hati dan tingkah laku termasuk kecemasan, stress dan kurang tidur.

dari berbagai sumber.

Label:

Sabtu, 09 Oktober 2010

Shell Di Linux

Sebuah shell merupakan perangkat lunak yang menyediakan antarmuka untuk pengguna. Biasanya, istilah merujuk kepada sistem operasi shell yang menyediakan akses ke layanan dari sebuah kernel. Namun, istilah ini juga berlaku untuk aplikasi yang sangat luas dan mungkin termasuk semua perangkat lunak yang dibangun di sekitar komponen tertentu, seperti web browser dan email klien yang merupakan "shell" untuk mesin rendering HTML. Istilah "shell" di ambil dari metafora kulit kerang yang merupakan sebuah lapisan luar yang menjadi antarmuka pengguna dan bagian-bagian dari sistem operasi (kernel) di dalamnya.

Shell Sistem operasi umumnya terbagi dalam dua kategori: perintah-line dan grafis. Shell Command-line menyediakan sebuah command-line interface (CLI) untuk sistem operasi, sedangkan shell grafis menyediakan antarmuka pengguna grafis (GUI). Baik dalam kategori utama tujuan shell adalah untuk memohon atau "memulai" program lain, namun sering kerang ada tambahan kemampuan seperti melihat isi direktori.

Kelebihan relatif dari shell berbasis CLI dan GUI sering diperdebatkan. Pendukung shell CLI klaim bahwa beberapa operasi dapat dilakukan lebih cepat daripada di bawah shell GUI (misalnya, seperti memindahkan file). Namun, pendukung shell GUI memperlihatkan perbandingan kegunaan dan sederhana shell GUI. Pilihan terbaik sering ditentukan oleh cara sebuah komputer akan digunakan. Terutama pada server yang digunakan untuk transfer data dan pemrosesan dengan ahli administrasi, shell CLI yang mungkin adalah pilihan terbaik. Di sisi lain, sebuah GUI akan lebih sesuai untuk komputer yang akan digunakan untuk mengedit foto atau video dan pengembangan di atas data.

Sumber;http://opensource.telkomspeedy.com/wiki/index.php/Shell

Label:

Sejarah Pesawat Terbang

Cikal Bakal pesawat terbang di perkenalkan pertama kali oleh Armen Firman, ilmuwan muslim yang hidup pada masa kekhalifahan Muhammad Amir bin Abdurrahman di Cordoba, Spanyol. Pada musim gugur tahun 852 Armen melakukan uji coba dengan cara terjun melayang menggunakan jubah dari menara di Cordoba. Uji coba itu berjalan mulus. Armen hanya mengalami luka-luka ringan, karena sayap pesawatnya mampu menahan hembusan angin musim gugur. Sejarah itu disaksikan oleh banyak ilmuwan musliam lainnya, salah seorang diantaranya adalah Abul Qasim Abbas ibn Firnas, seorang ilmuwan muda murid Abul Hasan Ali bin Nafi' (Ziryab sang burung hitam). Ibn Firnas sangat terkesan dengan aksi Armen, lalu mulai melakukan penelitian tentang dunia penerbangan. Pada tahun 875, Ibn Firnas menciptakan konsep pesawat terbangnya sendiri dan melakukan percobaan di menara di Cordoba.

Sore itu di tahun 875, Ibn Firnas mengundang kurang dari dua belas orang masyarakat Cordoba untuk berkumpul di sebuah bukit di Andalusia, Spanyol, menyaksikan uji coba yang disebutnya dengan "terbang seperti burung" di mana ia akan terjun dari sebuah menara di sebuah lembah. Kepada mereka Ibnu Firnas memamerkan putaran baling-baling pesawatnya, lalu dua bagian sayap burung yang berkait dengan kaki dan lengannya. Setelah itu, Firnas naik ke menara lalu melompat. Hasilnya, Firnas jatuh dan mengalami luka-luka. Firnas memperbaiki sayap-sayap pesawatnya, lalu naik kembali dengan ketinggian yang di tambah. Pada penerbangan kedua, Ibnu Firnas berhasil melayang di atas ketinggian beberapa ratus kaki, berputar-putar lalu membumbung tinggi, seperti yang dikatakannya sebagai "terbang seperti burung". Mu'min Ibn Said, seorang penyair yang hidup sejaman dengan Firnas mencatat aksi Firnas dengan kata-katanya: Firnas terbang lebih cepat daripada burung poenix, ketika ia mengenakan bulu-bulu dibadannya seperti burung manyar.

Setelah Ibn Firnas, percobaan di dunia penerbangan dilakukan pada tahun 1003 oleh Farabi Ismail Al-Jauhari, seorang guru asal Iran yang menyukai tata bahasa Arab. Al Jauhari menggunakan pesawat terbang tak di kenal yang diluncurkannya dari atas atap masjid tua Nishabur di Khurasan, Turkistan. Pada tahun 1162, saat berkecamuk perang salib, para tentara muslim sudah menggunakan pesawat terbang untuk melakukan serangan. Para Saracen (Muslim zaman perang salib) berdiri di atas Hippodrome Constantinople dengan sebuah peralatan terbang seperti jubah.

Marco Polo dalam sebuah perjalanannya mencatat aksi terbang layang di Asia Timur. Bagi Marco itu sebuah aksi yang misterius yang teka-tekinya tidak terungkap hingga pada abad 16 Leonardo Da Vinci mencoba memecahkan teka-teki pesawat terbang yang diperkenalkan Ibn Firnas. Da Vinci merasa terkunci dengan misteri burung-burung hingga genius Italia itu melakukan pembedahan terhadap unggas yang menghasilkan rancangan mesin terbang yang diikatkan di punggung seorang laki-laki.

Setelah Da Vinci, percobaan penerbangan yang lebih modern dan berhasil dilakukan oleh Hezarfen Ahmed Celebi, pilot Turki paling terkenal pada masa Khalifah Usmani di bawah pemerintahan Sultan Murad IV. Diilhami rancangan Da Vinci, dengan mengoreksi beberapa bagian dan sistim keseimbangannya, Hezarfen mengambil pelajaran burung rajawali. Setelah melakukan sembilan kali percobaan, Hezarfen menemukan formula yang pas untuk sayap pesawatnya. Pada tahun 1638, dengan ketinggian 183 kaki dari Galata Tower di dekat Bosporus Istambul, Hezarfen melakukan uji coba penerbangan. Hezarfen terbang menuju Uskudar lalu berbelok ke Bosporus, dan sukses! Hezarfen mendarat mulus di sebuah tempat di Borporus. Peristiwa ini di rekam oleh Evliya Celebi, seorang turis, yang kemudian menulis kesaksiannya dalam bukunya Seyahatname (Catatan perjalanan). Prototipe pesawat Hezarfen inilah yang 200 tahun kemudian menjadi bahan percobaan di tempat lain oleh Wright Bersaudara pada bulan Desember 1903. Lima Puluh tahun setelah Hezarfen mencatat sukses, saudaranya Ladari Hasan Celebi, menemukan roket berawak yang diluncurkannya dengan menggunakan 300 pon serbuk mesiu.

Demikian sepintas

Label: