Tulesan Biasa

Kesuksesan adalah kemampuan anda mengatasi kegagalan tanpa kehilangan semangat untuk mencapai kesuksesan

Rabu, 29 Februari 2012

Kesahatan Dan Keselamatan kerja

Pemakaian komputer untuk saat ini sudah sangat luas, hampir semua kegiatan manusia dalam perusahaan maupun instansi menggunakan komputer. Manusia seolah-olah sudah sangat tergantung pada kemampuan komputer yang memang diciptakan untuk membantu aktivitas mereka. Memang banyak manfaat yang dapat diperoleh dari pemakaian komputer, tetapi belum banyak yang mengetahui bahwa penggunaan komputer juga dapat menimbulkan suatu masalah. Masalah yang dimaksud disini adalah penyakit yang ditimbulkan akibat pemakaian komputer.

Penyebab timbulnya pennyakit ini mungkin disebabkan karena kita menggunakan komputer yang terlalu lama dan terus-menerus. Agar keselamatan dan kesehatan kerja pengguna komputer dapat diantisipasi, perlu diperhatikan aspek ergonomi. Ergonomi berasal dari dua kata dalam bahasa yunani, yaitu ergos 'kerja' dan nomos 'hukum alam' (natural law). Menurut Sutan-Laksana, Ergonomi adalah suatu cabang ilmu yang mempelajari perancangan pekerjaan-pekerjaan yang dilaksanakan oleh manusia, sistem mengenai hubungan manusia dan mesin, peralatan yang dipakai manusia agar dapat dijalankan dengan cara paling efektif, termasuk alat-alat peraga untuk memberi informasi kepada manusia.

Penyakit Yang Ditimbulkan Akibat Bekerja Dengan Komputer
 
Menggunakan komputer yang berlebihan dapat menimbulkan penyakit tersendiri pada tubuh manusia. Hal ini disebabkan komputer sebagai bagian dari teknologi informasi mengalami pertumbuhan yang sangat cepat. Sejak zaman pertama kali ditemukan, yang berarti percepatannya hanya puluhan tahun, sehingga bagian tubuh manusia ada yang tidak sempat menyesuaikan atau beradaptasi dengan percepatan tersebut. Penyakit yang ditimbu lkan mungkin seperti kesemutan dan pegal-pegal dan lain-lain. 

Untuk masalah ini kita harus memperhatikan dalam posisi duduk kita dalam menggunakan komputer. Letak Keyboard komputer. Jarak Pandang mata dengan monitor. Printer posisi yang untuk mengeprint juga harus dibuat mudah untuk kita. Mungkin berbagai penelitian yang sudah dilakukan untuk mencari solusi yang tentang penyakit yang ditimbulkan dari pemakaian komputer yang terlalu lama.

Bersambung.....

Label: ,

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda